Akankah Anies-Sandi Melepas Saham Bir Pemprov DKI?

Saham di perusahaan bir sudah dimiliki Pemprov DKI sejak 1970-an

Jakarta, IDN Times – Rencana Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno melepas kepemilikan saham bir kembali menyeruak. Akankah Anies-Sandi melepas saham bir?

1. Tidak terlalu menguntungkan, Anies lebih pilih investasi air bersih

Akankah Anies-Sandi Melepas Saham Bir Pemprov DKI?IDN Times/Helmi Shemi

Anies menyebut saham perusahaan bir tidak terlalu menguntungkan. Ia lebih tertarik memilih investasi pada air bersih dibanding air keras.

Jakarta itu jauh lebih membutuhkan kita berinvestasi kepada air bersih daripada air keras. Itu pasti tuh,” kata Anies di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (9/4/2018) malam.

Pada satu wawancara di 2017, eks Wakil Gubernur Jakarta Djarot Saiful Hidayat pernah menyebut keuntungan dari PT Delta selaku produsen bir bisa mencapai Rp 40 miliar per tahunnya dan masuk dalam APBD DKI. 

Baca juga: 8 Warga Jakarta Tewas Akibat Miras Oplosan, Polisi Tangkap 3 Penyuplai

2. Sandiaga minta bersabar karena butuh proses

Akankah Anies-Sandi Melepas Saham Bir Pemprov DKI?IDN Times/Helmi Shemi

Sementara itu Sandiaga meminta masyarakat bersabar soal pelepasan saham perusahaan bir ini. Menurutnya pelepasan saham perlu berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Terkait saham Pemprov di PT Delta Djakarta. Mohon teman-teman sabar karena ini perusahaan yang telah tercatat di bursa efek Indonesia. Kita harus berkordinasi dengan BEI. Arahan Pak Gubernur telah jelas. Kita akan berkomunikasi dengan mitra kita. Akan cari struktur terbaik, kita juga akan sosialisasikan. Kita akan koordinasi dengan OJK,” jelas Sandiaga di Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/4).

“Mohon teman-teman sabar. Karena ini ada undang-undang pasar modal yang harus kami patuhi. Dan juga ada undang-undang perseroan terbatas, keterbukaan informasi dan juga mengenai konfidensial dan ini harus dikordinasikan. Jadi tidak bisa terlalu gamblang menyampaikan informasi secara detail,” tandasnya.

3. Perusahaan bir kelas dunia sejak tahun 1970-an

Akankah Anies-Sandi Melepas Saham Bir Pemprov DKI?IDN Times/Helmi Shemi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui memiliki saham mencapai 26,25 persen di perusahaan produsen minuman beralkohol, PT Delta Djakarta Tbk. Kepemilikan saham pemprov DKI di perusahan itu sudah dimiliki sejak tahun 1970-an atau pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin.

Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut merupakan perusahan yang memproduksi minuman bir kemasan dengan sejumlah merk internasional yakni San Miguel, Carlsberg, dan Anker bir.

Baca juga: Jakarta Darurat Miras Oplosan, Sandiaga: Ada Pesta Miras Tiap Akhir Pekan

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya