Aksi Jonan Isengi Wartawan Saat Sertijab dengan Menteri ESDM Baru

Jonan mengaku tidak ingin berpisah dalam keadaan sedih

Jakarta, IDN Times - Mantan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan resmi meninggalkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM). Dia tak lagi diangkat menjadi menteri di periode kedua pemerintahan Jokowi. 

Saat serah terima jabatan dengan penggantinya, Arifin Tasrif, terjadi banyak cerita lucu. Salah satunya ketika memberi sambutan saat serah terima jabatan (sertijab) dengan Menteri ESDM yang baru Arifin Tasrif.

Jonan mengaku tidak ingin berpisah dalam keadaan sedih. "Kalau mau pisah harus gembira, soalnya tadi Pak Candra (mantan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar) sudah serius," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10).

Jonan banyak bercanda. Mulai dari tentang istrinya yang bertanya apakah ia sudah menyiapkan pidato perpisahan, lalu pujian untuk Arifin yang dinilai awet muda, kelakarnya pada Arifin yang disuruh memilih apakah akan lebih banyak bertemu Dirut Pertamina Nicke Widyawati atau Plt Dirut PLN  Sripeni Sripeni Inten Cahyani, hingga kenangannya bersama sang Wakil, Arcandra Tahar.

Usai acara serah terima jabatan, acara dilanjutkan bersalaman dengan pejabat Kementerian ESDM. Awak media yang meliput juga ikut bersalaman dengan Jonan dan Arifin. Beberapa kali, baik Jonan atau Arifin, tampak bercakap-cakap santai dengan awak media.

Keduanya juga melayani permintaan foto bersama maupun swafoto alias selfie. Jonan juga melontarkan candaan dengan bertanya kepada salah satu wartawan.

"Yang mana pacar kamu?" tanya Jonan kepada salah satu wartawan saat berfoto bersama.

Ia juga sempat iseng dengan menyentuh kuping beberapa jurnalis yang berfoto di depannya, lalu berpura-pura tidak melakukannya, Jonan lalu tersenyum lebar.

Baca Juga: Selama Menjadi Menteri, Ignasius Jonan Tak Pernah Duduki Kursi Kerja

Topik:

  • Anata Siregar
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya