Anies Tidak Datang Rapat Bahas Banjir, DPR Bandingkan dengan Jokowi

Anies belum pernah datang rapat ke DPR

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Komisi V DPR RI Lasarus menyindir ketidakhadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam rapat pengelolaan banjir bersama Menteri PUPR, Kepala BNPP (Basarnas), dan Kepala BMKG.

Lasarus awalnya mengatakan Komisi V sudah pernah mengadakan tiga kali rapat pengelolaan banjir bersama Kementerian PUPR dan Gubernur DKI Jakarta. Dalam tiga kali rapat itu, ia mengatakan Gubernur DKI selalu hadir.

"Dulu semua gubernur datang tapi bukan Pak Anies gubernurnya. Baru beliau ini yang tidak datang dan Gubernur Jawa Barat dan Banten tidak datang," katanya.

Selain Anies, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim tidak hadir dan hanya diwakilkan. 

1. Anies dibandingkan dengan Jokowi

Anies Tidak Datang Rapat Bahas Banjir, DPR Bandingkan dengan JokowiPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Jakarta Convention Center, Rabu 26 Februaru 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya dalam rapat yang dimulai pukul 10.30 hingga 12.30 WIB, Anggota Komisi V DPR RI Sudewo sempat membandingkan Anies dengan Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Joko 'Jokowi' Widodo.

Sudewo mengatakan Jokowi hadir dan bertemu dengan Menteri PUPR saat itu, Djoko Kirmanto.

"Dan forum itu Pak Jokowi hadir di Komisi V. Dengan bertemu langsung pak Jokowi dengan Menteri PUPR, ada penanganan strategis yang kita lihat dan kita rasakan. Pascaitu banjir DKI agak mereda tidak seperti tahun sebelumnya. Namun karena sekarang gubernur tidak hadir maka sepakat rapat kita tunda," kata Sudewo.

Baca Juga: Disindir Netizen Soal #wajahbaruJakarta Anies Diminta Jangan Baper

2. Kritik DPR untuk tiga gubernur

Anies Tidak Datang Rapat Bahas Banjir, DPR Bandingkan dengan JokowiPimpinan Komisi V DPR RI Lasarus dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai rapat pengelolaan banjir Jabodetabek (IDN Times/Shemi)

Bukan hanya Anies, Komisi V DPR RI juga mengkritik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim tidak hadir dalam rapat pengelolaan banjir.

Kritik pertama datang dari Anggota Komisi V DPR RI fraksi PDIP Sadarestuwati. Ia menyayangkan ketiga gubernur yang tidak hadir dalam rapat penting ini. 

"Ini adalah rapat yang sangat penting. Ini untuk seluruh masyarakat khususnya yang DKI. Rapat penting seperti ini Pak Menteri saja hadir. Seluruh mitra kita hadir kenapa yang lainnya tidak. Untuk apa kita hadir di sini kalau yang berkepentingan tidak ada di sini. Saya kira perlu evaluasi," kata Restu.

3. Rapat dibatalkan

Anies Tidak Datang Rapat Bahas Banjir, DPR Bandingkan dengan JokowiRapat Komisi V DPR RI Kementerian PUPR tentang pengelolaan banjir (IDN Times/Shemi)

Setelah berbagai kritik, Komisi V DPR RI setuju untuk membatalkan rapat dan akan diagendakan ulang.

"Ke depan akan kami agendakan lagi (rapat). Kami reses minggu depan, tentu kita akan agendakan pada masa sidang. Dengan demikian rapat kali ini saya nyatakan ditunda," kata Lasarus.

Baca Juga: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Tak Datang, DPR Bubarkan Rapat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya