Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini

Hari ini mulai direncanakan pembangunan di Dukuh Atas

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta hari ini meluncurkan perencanaan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD). Kawasan ini merupakan area perkotaan yang dirancang untuk memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik. 

"Yang hari ini kita luncurkan adalah tempat di mana pertemuan antar penduduk Jakarta dan sekitarnya akan terjadi," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam sambutannya di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (29/3).

1. Pertama dari 8 proyek yang ada

Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini Humas Pemprov DKI

Perencanaan pembangunan TOD Dukuh Atas ini merupakan yang pertama dari 8 TOD lainnya yang akan direncanakan dibangun sebagai bagian dari rute MRT Jakarta Fase 1.

Mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 130 Tahun 2017, kedelapan TOD itu adalah: Lebak Bulus, Blok M, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bunderan Hotel Indonesia. 

Baca juga: Sebut MRT Mirip Jangkrik, Ternyata Ini yang Diinginkan Soni Sumarsono


2. Apa saja keuntungan pembangunan TOD? 

Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini Humas Pemprov DKI

Mulai dari mengurangi penggunaan kendaraan, kemacetan jalan dan polusi udara. Kedua, pembangunan yang mendukung berjalan kaki serta gaya hidup sehat dan aktif. Meningkatkan akses terhadap kesempatan kerja dan ekonomi.

Keempat, berpotensi menciptakan nilai tambah melalui peningkatan nilai properti. Meningkatkan jumlah penumpang transit dan keuntungan dari penjualan tiket dan terakhir menambah pilihan moda pergerakan kawasan perkotaan. 

3. Mengacu pada 8 prinsip pengembangan 

Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini bangkok.com

PT MRT menggunakan 8 prinsip pengembangan TOD seperti fungsi campuran, kepadatan tinggi, peningkatan kualitas konektivitas, peningkatan kualitas hidup, keadilan sosial, keberlanjutan hidup, ketahanan infrastruktur dan pembaruan ekonomi. 

4. Apa saja yang akan dibangun? 

Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini www.jakartamrt.com

Berdasarkan 8 prinsip itu nantinya di TOD akan dibangun sejumlah fasilitas seperti Taman Dukuh Atas di atas stasiun MRT, pedestrian Jalan Kendal-Jalan Tanjung Karang, jalur sepeda dan menghubungkan dengan stasiun, transit hub, ruang terbuka hijau, revitalisasi kawasan sungai Ciliwung dan lainnya. 

5. Perencanaan melibatkan diskusi masyarakat 

Apa Itu Kawasan Berorientasi Transit? Yuk Cari Tahu di Sini Humas Pemprov DKI

Anies mengatakan nantinya pembangunan TOD ini akan melibatkan diskusi dengan masyarakat.  "Partisipasi publiknya tuh dalam bentuk gagasan. Akan dilakukan berbagai macam FGD (Forum Group Discussion), akan mengundan pihak-pihak yang terkait dan bagi masyarakatnya Umum apapun yang punya gagasan tentang pengembangan kawasan ini," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini. 

Baca juga: Proyek MRT dan LRT Sebabkan Banjir di Jakarta?

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya