Apa Tujuan Pemerintah Gantikan Birokrat dengan Robot?

Gak bakal ada eselon-eselon lagi nantinya

Jakarta, IDN Times – Eselon III dan IV tidak akan benar-benar digantikan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) atau robot. Kenyataanya adalah penggantian itu adalah untuk perampingan dan efisiensi birokrasi dalam pemerintahan. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Bukan berarti karena presiden mengatakan eselon III dan IV diganti dengan robot. Jadi yang dimaksud presiden ini kita harus memperbaiki tata kelola pemerintahan kita. Presiden menginginkan ada perampingan birokrasi, pengambilan keputusan lebih cepat,” kata Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PAN dan RB Rini Widyantini dalam wawancara langsung kepada IDN Times, di kantor Kemenpan RB, Jakarta, Rabu (4/12).

1. Mengacu pada dua peraturan presiden (perpres)

Apa Tujuan Pemerintah Gantikan Birokrat dengan Robot?Ilustrasi PNS di Kabupaten Sleman. IDN Times/Daruwaskita

Pernyataan Presiden Joko "Jokowi" Widodo yangberencana untuk memangkas eselon III dan IV juga bukan barang baru. Rini menjelaskan, dasar perampingan eselon dan penggunaan AI terdapat dalam dua peraturan presiden (perpres). Pertama adalah Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Perpres 38 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Pada pasal 2 Pepres 95 Tahun 2019 dijelaskan prinsip-prinsip yang digunakan pemerintah dalam SPBE ini. Yakni: efektivitas, keterpaduan, kesinambungan, efisiensi, akuntabilitas, interoperabilitas dan keamanan.

Begitu pula yang terdapat pasal 2 ayat 2 Perpres 38 Tahun 2019 Pasal 2 yang menjelaskan tujuan "Satu Data Indonesia" ini adalah untuk memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Ayat 2 juga menyebutkan tujuan lainnya adalah mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah.

“Dengan diterbitkan perpres tadi kita ingin ada platfrom bersama tentang penguanaan IT dalam tata kelola pemerintahan. Tanpa ada kesatuan data, tata kelola kita tidak bisa, pelayanan terhadap masyarakat tidak bisa dilakukan karena pengunaan AI akan bergantung pada satu data nasional tadi. Kalau datanya masih berserakan gimana kementerian atau lembaga bisa terhubung?” ujar Rini.

Baca Juga: 23 Juta Pekerjaan Terancam Tergantikan Robot, Apa Langkah Menaker?

2. Menghilangkan sistem eselon dan mengubah jabatan struktural menjadi fungsional

Apa Tujuan Pemerintah Gantikan Birokrat dengan Robot?Pejabat Eselon III dan IV. IDN Times/Hana Adi Perdana

Rini menjelaskan tujuan penggunaan AI ini akan mengubah jabatan struktural menjadi fungsional. “Dengan dirampingkan supaya orang tidak berpikir eselon-eselon lagi. Karena di dalam Undang-Undang Apartur Sipil Negara (UU ASN) tidak dikenal eselonisasi lagi kan,” katanya.

Menurutnya, perampingan birokrasi dengan penerapan AI dan IT ini dilakukan untuk membuat layanan kepada masyarakat semakin efisien.

“Kita harus jadi smart government yang dalam struktur juga harus smart, tata kelola, dan ASN smart. Smart itu artinya betul-betul responsif. Gimana struktur yang smart bisa didukung teknologi yang baik dan sumber daya yang baik,” ujar Rini.

3. Perintah Presiden Joko Widodo

Apa Tujuan Pemerintah Gantikan Birokrat dengan Robot?IDN Times/Shemi

Baru-baru ini Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana untuk memangkas eselon III dan IV dan menggantikannya sengan memanfaatkan artificial intelligence (AI) atau robot dengan kecerdasan buatan.

"Saya sudah perintahkan juga ke Menpan RB diganti dengan AI, kalau diganti aritificial inteligence, birokrasi kita lebih cepat saya yakin itu," ujar di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11).

Wacana pemangkasan birokrasi memang sudah digaungkan Jokowi sejak tahun ini. Ia mengatakan, pemangkasan pejabat eselon III dan IV akan dimulai tahun depan. "Pemangkasan birokrasi, tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon, kita punya eselon I, II, III, IV. Kita akan, yang III dan IV akan kita potong," kata Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: PNS Bakal Digantikan Robot? Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya