Arahan Kapolri Potong Kepala, Kapolda Metro: Saya Blender Sekalian 

Kapolda akan bubarkan sejumlah tim seperti Jaguar

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mendukung arahan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo soal 'potong kepala' jika pimpinan tak bisa membersihkan anak buahnya. Ia mengatakan, semua anggota kepolisian perlu untuk mendapatkan penguatan melalui pelatihan.

"Pak Kapolri sudah memerintahkan kalau tidak mau memotong ekornya yang busuk, kepalanya saya potong. Kalau saya, saya tambahkan, saya blender kepalanya sekalian yang busuk itu," kata Fadhil di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Baca Juga: Kompolnas Dukung Kapolri soal 'Potong Kepala'

1. Kapolda akan bubarkan sejumlah tim seperti Jaguar dan lainnya

Arahan Kapolri Potong Kepala, Kapolda Metro: Saya Blender Sekalian Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Dalam kesempatan tersebut, Fadil mengatakan akan mengumpulkan patroli roda dua untuk diberikan pelatihan khusus. Ia kemudian menyinggung terkait penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) terkait sejumlah tim.

"Supaya jangan ada lagi ada (tim) Jaguar, Cobra, apalagi itu tim ketupat sayur, tim lele apa itu macam-macam. Akhirnya dia tumbuh berkembang sendiri suka-suka dia," kata Fadil.

2. Tim Sabhara akan dilatih biar tidak jadi kelelawar di malam hari

Arahan Kapolri Potong Kepala, Kapolda Metro: Saya Blender Sekalian IDN Times/Abdurrahman

Dalam penguatan kepolisian, Fadil juga berencana mengumpulkan tim Samapta Bhayangkara (Sabhara) untuk diberikan pelatihan pada minggu depan.

"Ini biar mereka tidak jadi kelelawar di malam hari. Dia tugasnya hanya jam 10 malam sampai 5 subuh muter-muter mengamankan Ibu Kota," katanya.

Nantinya tim Sabhara bertugas menindak tawuran, balap liar yang mengganggu keselamatan di malam hari. Tim Sabhara juga sudah dibekali pengertian HAM, perspektif komunikasi, dan bagaimana mengecek identitas.

"Kalau ketemu orang mabuk bagaimana dia mengecek kadar alkohol dalam darahnya apa. Enggak seperti sekarang debat kusir, enggak jelas," katanya.

3. Pernyataan Kapolri soal 'potong kepala'

Arahan Kapolri Potong Kepala, Kapolda Metro: Saya Blender Sekalian Listyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Diberitakan sebelumnya, Kapolri memberi arahan tegas kepada kapolda, kapolres hingga kapolsek untuk bisa menjadi teladan bagi jajaran dan masyarakat.

Hal itu disampaikan Sigit dalam sambutannya di acara penutupan pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30, Sespimen Polri Dikreg ke-61, dan Sespimma Polri Angkatan ke-66 di Lembang, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021).

“Ada pepatah, ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah, maka bawahannya akan bermasalah juga," papar Sigit.

"Kalau tak mampu membersihkan ekor, maka kepalanya akan saya potong. Ini semua untuk kebaikan organisasi yang susah payah berjuang," sambungnya.

Baca Juga: Kapolri Ancam Pidanakan Anggota yang Melanggar Aturan Hukum

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya