Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan Warga

Anies yakin Stadion BMW bisa jadi ikon Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta restu kepada para warga Jakarta, khususnya suporter Persija dan Jakmania untuk membangun Stadion Bersih Manusiawi dan Berwibawa (BMW) yang terletak di Jakarta Utara. 
     
"Saya mohon doanya dari suporter Persija, Jakmania, doakan agar kita bisa segera membangun stadion itu," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (20/11). 

1. Tak mau pengelolaan seperti GOR sebelumnya

Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan WargaInstagram/@aniesbaswedan

Anies mengungkapkan alasannya menugaskan BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun stadion BMW, yakni agar pengelolaannya tidak seperti Gelanggang Olahraga (GOR) sebelumnya. 
     
"Kita tidak ingin stadion ini seperti GOR yang maintenance ala kadarnya yang pemanfaatannya itu-itu saja," kata dia. 

2. Stadion BMW harus jadi ikon Kota Jakarta

Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan WargaInstagram/@aniesbaswedan

Anies berharap, stadion BMW nantinya menjadi salah satu ikon DKI yang dikelola secara bisnis yang baik, karena itu pengelolaannya harus entitas bisnis. Selanjutnya stadion BMW tersebut bisa dimanfaatkan untuk sarana sepak bola. 
     
"Bukan hanya untuk sepak bola, tapi untuk kegiatan-kegiatan lainnya, dari mulai panggung kesenian sampai dengan kegiatan festival lainnya. Itu adalah B to B," kata Anies. 

Baca Juga: Ini Penjelasan Anies Soal Pencopotan Waring Kali Item

3. Bukti BUMD mampu kelola sarana dengan baik

Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan WargaANTARA FOTO/ Sigid Kurniawan

Dia mencontohkan beberapa pembangunan yang dibangun oleh BUMD, salah satunya Jakarta Internasional Velodrome yang saat ini merupakan velodrome yang terbaik di dunia. Selain itu, ada pula Equestrian Park Pulomas, salah satu equestrian terbaik di dunia. 
     
"Jadi kita sudah punya contoh bahwa dengan diserahkan kepada BUMD mereka bisa membangun dengan standar yang tinggi dan pengelolaannya nanti B to B. Pengelolaan B to B ini membuat  bisa maju dan berkembang," kata Gubernur. 

4. Berharap DPRD DKI segera setujui anggaran

Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan WargaInstagram/@aniesbaswedan

Sayangnya, hingga kini DPRD DKI Jakarta masih belum menyetujui anggaran Penyertaan Modal Daerah (PMD) yang akan diberikan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anies berharap hal itu segera terealisasi demi berkembangnya ibu kota. 
     
"Saya harap warga Jakarta melihat, lihatlah kerja yang kita lakukan. Kami berharap wakil-wakil rakyat mendukung yang menjadi kebutuhan rakyat," kata Anies. 

5. Anies yakin bakal memenuhi janjinya setelah anggaran masuk

Bangun Stadion Persija, Anies Mohon Restu dan Dukungan WargaInstagram/@aniesbaswedan

Anies mengatakan, bahwa untuk membangun sebuah stadion di Jakarta memerlukan anggaran. Dia beralasan bahwa anggaran 2018 sudah dibuat sebelum dirinya resmi menjabat sehingga tak bisa merealisasikan janjinya pada 2018. 

“Saya dilantik 16 Oktober tahun lalu, anggaran sudah diproses pemerintahan sebelumnya, saya hanya bisa memasukkan anggaran perubahan,” jelas Anies kepada IDN Times beberapa waktu lalu. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memproses anggaran untuk 2019. Menurutnya kalau sudah dimasukkan dalam anggaran maka pembangunan stadion di Jakarta bisa dikerjakan. 

“Insya Allah dimasukkan, berarti bakal memenuhi,” ujarnya. 

Baca Juga: [Eksklusif] Soal Janji Bangun Stadion di Jakarta, Ini Jawaban Anies

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya