Begini Pujian Ketua MPR Bamsoet untuk Jokowi di Bidang Ekonomi

Di antaranya angka penurunan kemiskinan

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji pertumbuhan ekonomi selama periode pertama pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kita patut bersyukur selama lima tahun terakhir ini sejumlah kemajuan telah kita capai," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu saat pidato pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Bamsoet menyebut beberapa keberhasilan Jokowi-Jusuf Kalla dalam bidang perekonomian, di antaranya terlihat dari peningkatan taraf hidup. Terlebih, saat perekonomian di negara-negara lain sedang turun, namun pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat.

"Angkatan pengangguran terus menurun, penduduk miskin juga terus mengalami penurunan, bahkan mencapai angka terendah dalam sejarah RI yakni mencapai 9,41 persen dari 11,22 persen pada 2015," ujar politikus Partai Golkar itu.

Bamsoet juga memuji upaya pemerataan pembangunan yang kian membaik. Dia mengatakan saat ini tidak ada lagi provinsi dengan indeks pembangunan manusia yang rendah. Termasuk, konektivitas antar wilayah yang menghubungkan pasar dengan produksi rakyat seperti pertanian, perikanan, perkebunan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Ditunjukkan semakin rendahnya rasio gini, indeks pembangunan manusia yang terus menerus meningkat, bahkan masuk dalam status tinggi," kata dia.

Dalam lima tahun terakhir masa pemerintahan Jokowi, kata Bamsoet, transfer dana daerah sangat dirasakan manfaatnya. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan kinerja pelayanan dasar publik, seperti akses rumah tangga terhadap sanitasi dan air minum layak, persalinan yang dibantu tenaga kesehatan, serta angka partisipasi murni dari pendidikan anak usia dini hingga SMA sederajat.

"Selain itu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, pemerintah juga sudah membangun berbagai infrastruktur bagi masyarakat, sepeti peningkatan jalan, penyelesaian pembangunan jembatan, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan auditorium sekolah, peningkatan dan pembangunan irigasi, pembangunan rumah dan kualitas rumah, serta rehabilitasi sarana dan prasarana kesehatan," kata Bamsoet.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya