Bikin Bangga: Pelajar Jakarta Juara Olimpiade Sains di Rusia!

Mengharumkan nama bangsa

Jakarta, IDN Times – Kabar baik berhembus dari Moskow: Delapan pelajar DKI Jakarta meraih medali perak sebagai dalam Kompetisi Tim pada Olimpiade Internasional ke-3 Metropolises, 2-7 September lalu.

Olimpiade Metropolis diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kota Moskow dengan peserta dari berbagai kota metropolis. Ini ketiga kalinya DKI ikut serta.

Bidang yang diperlombakan adalah Matematika, Fisika, Kimia dan Komputer untuk kategori kelompok dan individu, serta blitz-contest. Tiap bidang pelajaran diikuti dua peserta dari tiap kota.

1. Indonesia sabet 7 medali untuk kategori individu

Bikin Bangga: Pelajar Jakarta Juara Olimpiade Sains di Rusia!Astemir Almov

Pada kategori individu, Tim DKI Jakarta menyabet tujuh medali, terdiri dari tiga perak dan empat perunggu. Untuk medali perak, dua medali dipersembahkan dari Kimia dan satu dari Fisika, sedangkan untuk medali perunggu, dua medali diperoleh dari Komputer dan dua medali lainnya masing-masing dari Matematika dan Fisika.

Medali emas dengan nilai tertinggi untuk semua pelajaran yang diperlombakan disabet oleh para peserta dari Moskow.

Baca Juga: Nasihat untuk Pemprov DKI Jakarta Soal Sorotan Media Asing

2. Mereka yang berhasil meraih medali

Bikin Bangga: Pelajar Jakarta Juara Olimpiade Sains di Rusia!Pixabay/3dman_eu

Shafira Aurelia, salah seorang peserta Tim DKI Jakarta mengatakan soal-soal yang diberikan tergolong sangat sulit dan awalnya sempat berpikir tidak akan mendapat medali. Shafira yang sekolah di SMAN 8 berhasil mendapat medali perunggu untuk pelajaran Fisika yang diikutinya.

"Di sini kami mendapat pengalamam baru, yaitu bertemu peserta dari berbagai negara dan bisa berkenalan. Pengalaman berharga lainnya, mengetahui budaya Moskow," kata Shafira, satu-satunya peserta wanita Tim DKI Jakarta seperti dilansir Antara.

Selain Shafira, peserta Tim DKI Jakarta lainnya Hendrikus Hansen Witarsa/SMAK 3 Penabur (Matematika), Bennett Clement/SMAK 1 Penabur (Matematika), Daffa Fathani Adila/SMAN 8 (Fisika), Muhammad Dzul Fakhri/SMAN 68 (Kimia), Albert Sutiono/SMAK 1 Penabur (Kimia), Moses Mayer/SMA Jakarta Intercultural School (Komputer), dan Reinatt Hansel Wijaya/SMA Kanisius (Komputer). Tim didampingi Suharno dan Sarjito dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, serta Irma Yuanita, orang tua salah seorang peserta.

Sementara itu, untuk blitz-contest, dari 33 tim yang bertanding, Tim DKI Jakarta berhasil menempati urutan keenam, setelah Moskow, Hong Kong, Shanghai, Belgrade dan Sofia.

3. Kesempatan belajar di Rusia

Bikin Bangga: Pelajar Jakarta Juara Olimpiade Sains di Rusia!google

Peringkat pertama diraih tuan rumah Moskow bersama Shanghai, Saint Petersburg dan Hong Kong. Sementara, Leipzig, Baku, Dushanbe, Innsbruck, Milan, Astana, Almaty, Bratislava, Bishkek dan Banja-Luka sama-sama berbagi tempat ketiga.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia dan Belarus, M. Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Tim Pelajar DKI Jakarta. Prestasi yang diraih tidak hanya membawa nama baik DKI Jakarta, tapi juga Indonesia.

Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk ilmu-ilmu pasti. "Terdapat pula peluang Tim Olimpiade ini kemungkinan dapat belajar di Rusia di masa depan," ujar Dubes saat bertemu Tim DKI Jakarta.

Selain Jakarta, terdapat tujuh kota lainnya yang sama-sama menempati juara kedua, yaitu Belgrade, Sofia, Minsk, Istanbul, Budapest, Yerevan dan Zagreb, demikian Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana kepada Antara London, Minggu.

Baca Juga: Dengan Teori Fisika, Kamu pun Bisa Melempar Pisau Seperti Pak Eko! 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya