Comscore Tracker

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah Disabilitas

Agar semua warga dapat merasakan nyamannya naik MRT

Jakarta, IDN Times – Moda Raya Terpadu Jakarta atau yang dikenal MRT Jakarta terus berbenah jelang waktu operasional yang ditargetkan pada Maret 2019. Berbagai fasilitas disiapkan, termasuk akses untuk penyandang disabilitas.

Pembangunan fasilitas ramah disabilitas MRT didasarkan pada tiga aturan. Pertama, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 30/PRT/M/2006. Kedua Pedoman akses bebas hambatan untuk fasilitas pengguna transportasi publik (Enforcement of 2006 Law No 91 of Ministerial Ordinance MLITT of Japan).

Terakhir, PT MRT Jakarta juga mengikuti Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

Tidak cuma keretanya saja yang ramah disabilitas, tapi ada fasilitas lain yang sangat membantu penyandang disabilitas agar dapat menggunakan kereta yang akan melintas di bawah tanah pertama di Indonesia ini, apa saja?

1. Trotoar hingga stasiun MRT bantu penyandang disabilitas berjalan dengan nyaman

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk trotoar, stasiun MRT dipasang blok taktil. Yakni lantai dengan tekstur menonjol untuk membantu penyandang tuna netra.

Blok taktil juga terdapat di level beranda peron (concourse), area peron, akan tersedia satu baris blok taktil dan juga tempat duduk menunggu kereta dikelilingi oleh blok taktil. Keramik lantai peron terbuat dari material yang tidak licin.

Baca Juga: Mengenal Ratangga, Nama Baru Kereta MRT dari Kitab Sutasoma

2. Lift dengan huruf braile

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Stasiun MRT juga difasilitasi lift dan huruf braile untuk mempermudah penyandang disabilitas menuju lantai atas, yakni concourse dan peron.

Dengan lift tersebut, para ibu yang membawa kereta dorong bayi juga dengan mudahnya bisa mengakses lantai manapun.

3. Toilet yang memudahkan pengguna kursi roda

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Water closet (WC) atau toilet dan wastafel MRT dirancang untuk memudahkan pengguna kursi roda. Toilet tersedia di area beranda peron.

4. Tinggi pintu penumpang dan mesin penjual tiket yang disesuaikan dengan kursi roda

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar

Ketinggian lubang pada mesin penjual tiket (tiket vending machine) disesuaikan dengan pengguna kursi roda. Selain itu tersedia pintu penumpang (passengergate) dengan lebar 90 cm yang cukup untuk pengguna kursi roda atau penumpang dengan kereta bayi. Satu pintu penumpang dilengkapi dengan blok taktil.

Baca Juga: Pengerjaan Sudah 97,5 Persen, MRT Siap Digunakan Maret 2019

5. Pemberitahuan berupa audio visual

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemberitahuan dan peringatan buka tutup pintu geser otomatis, serta pengumuman lokasi dan tujuan kereta akan dilengkapi dengan pemberitahuan dan peringatan dalam bentuk visual dan suara. Sehingga akan memudahkan penyandang tuna rungu dan tuna wicara.

6. Ruangan di kereta khusus disabilitas

Catat! Ini 6 Fasilitas MRT Jakarta yang Ramah DisabilitasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

PT. MRT Jakarta menyediakan  ruangan khusus untuk para penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Nantinya, dalam satu rangkaian kereta yang terdiri dari 6 gerbong akan tersedia area dan kursi prioritas, yaitu:

13 kursi prioritas di gerbong pertama, 12 kursi prioritas di gerbong kedua, 16 kursi prioritas dan satu area kursi roda di gerbong ketiga, 16 kursi prioritas dan satu area kursi roda di gerbong keempat, 23 kursi prioritas di gerbong kelima, dan 13 prioritas di gerbong keenam.

Gerbong itu dipilih karena lokasinya berdekatan dengan lift yang memang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: FOTO: MRT Jakarta Sudah 97,5 Persen, Begini Wujudnya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 11:30:05

Progress: 766.169 dari 813.350 TPS (94.19918%)

Just For You