Cegah Stres, Wisma Atlet Siapkan Ruang Rekreasi bagi Pasien COVID-19

Ada tempat berolahraga, nonton TV, bahkan WiFi!

Jakarta, IDN Times - Wakil Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat (Puskesad) Brigjen TNI Agung H Hermawanto mengatakan pemerintah kini sedang menyiapkan ruang rekreasi di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet. Langkah ini diambil agar pasien positif virus corona yang dikarantina atau isolasi tidak stres.

"Kami punya lantai 3, masih kosong. Akan kami upayakan untuk mengurangi kejenuhan. Akan kami siapkan sebagai sarana rekreasi tapi dalam konteks jarak jaga aman untuk penyebaran COVID-19," kata Agung seperti disiarkan live oleh Kompas TV, Jumat (27/3).

1. Ada treadmill sampai televisi

Cegah Stres, Wisma Atlet Siapkan Ruang Rekreasi bagi Pasien COVID-19IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Di ruangan rekreasi itu nantinya akan diisi oleh peralatan seperti treadmill dan televisi, serta CCTV untuk mengawasi pasien.

"Ada fasilitas semacam treadmill, olahraga ringan, nonton TV, tapi jaga jarak aman ini kami laksanakan. Jadi tidak ada petugas kami di sana. Hanya tempat itu tertutup dan udara terbuka," ujar Agung.

Baca Juga: Ada 144 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet, Keamanan Kian Diperketat

2. Akses WiFi bagi pasien

Cegah Stres, Wisma Atlet Siapkan Ruang Rekreasi bagi Pasien COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Diberitakan sebelumnya, pasien juga diperbolehkan membawa keperluan pribadi mereka seperti pakaian dan laptop. Di RS itu, pemerintah melalui Telkom sudah menyiapkan jaringan WiFi yang bisa dipakai oleh pasien untuk menonton TV melalui laptop di kamar.

"Bisa sampaikan ke keluarga untuk kirimkan misalnya laptop untuk bisa bekerja atau kirim pakaian atau kirim hal-hal yang bersifat pribadi, sehingga pasien bisa nyaman dalam ruang perawatan," kata Agung.

3. Pasien diperbolehkan jalan-jalan

Cegah Stres, Wisma Atlet Siapkan Ruang Rekreasi bagi Pasien COVID-19Suasana RS Darurat COVID-19 di Kemayoran (Youtube/Sekretariat Presiden)

Agung juga memastikan pasien bisa berjalan di lorong tempat mereka diisolasi. Bahkan kamar pasien tidak akan dikunci.

"Jangan khawatir di sini akan seperti terkungkung. Pasti terkungkung karena sebelumnya kita biasa di luar. Pasien bisa jalan keluar karena kami siapkan di masing-masing ruangan tersebut ada dispenser untuk minum," ujarnya.

Baca Juga: Ada Televisi dan Wifi untuk Hibur Pasien COVID-19 di RS Wisma Atlet

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya