[CEK FAKTA] Viral Video Penyekatan Mudik, Ini Faktanya

Tol Kanci Pejagan baru akan disekat pada 6-17 Mei

Jakarta, IDN Times - Sebuah video penyekatan mudik di depan Gerbang Tol Pejagan viral di media sosial sejak Jumat, 30 April 2021. Video berdurasi 24 detik itu direkam oleh seorang pria dan mengatakan bahwa tol arah Jakarta sudah ditutup.

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup, kita putar balik. Semua sudah tutup, tolong diinformasikan ke kawan-kawan di lapangan. Semua putar balik. Arah Jakarta ke Jawa, Semarang ditutup. Semua tol ditutup," ujar pria dalam video itu.

Benarkah video tersebut? Berikut faktanya.

1. Hoaks! Video tersebut direkam tahun lalu

[CEK FAKTA] Viral Video Penyekatan Mudik, Ini FaktanyaVideo viral penyekatan tol Kanci Pejagan (Dok. Istimewa)

Pihak manajemen operasi ruas Tol Kanci Pejagan melalui akun Instagram-nya mengklarifikasi bahwa video tersebut adalah video penyekatan lebaran Idul Fitri tahun lalu.

"Kondisi update saat ini sampai dengan klarifikasi ini di-release, di Gerbang Tol Pejangan kondisi arus lalu lintas masih normal tanpa penyekatan," tulis pihak PT Semesta Marga Raya, selaku operator Tol Kanci Pejagan.

Baca Juga: Penumpang Bus AKAP di 4 Terminal Meningkat Sebelum Larangan Mudik

2. Tol Kanci Pejagan baru akan disekat 6-17 Mei

[CEK FAKTA] Viral Video Penyekatan Mudik, Ini FaktanyaVideo viral penyekatan tol Kanci Pejagan (Dok. Istimewa)

Manajemen juga mengatakan rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri akan dilakukan pada 6 hingga 17 Mei 2021.

"Untuk rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri sesuai dengan hasil pertemuan dengan Dirlantas dan Lintas Sektoral Jawa Tengah, baru akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021," ujar manajemen.

3. Kalau ada informasi yang meragukan, kamu bisa lapor ke sini

[CEK FAKTA] Viral Video Penyekatan Mudik, Ini FaktanyaIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, untuk meminimalisir informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, manajemen Tol Kanci Pejagan meminta kamu menghubungi Call Center ruas Tol Kanci Pejagan di nomor 0231 8638809 atau di nomor Whatts App 0811-1111-1535.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Akhirnya Larangan Mudik Dicabut

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya