Daftar 7 Provinsi Penerima 453.960 Dosis Vaksin Pfizer 

Ada 276.960.670 dosis vaksin yang sudah tiba di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia sudah menerima 453.960 vaksin Pfizer tahap 81 pada Jumat 1 Oktober 2021. Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksin ini langsung didistribusikan ke 7 provinsi di Indonesia. 

Berikut daftar 7 provinsi yang menerima vaksin Pfizer:

  1. Kalimantan Barat (Pontianak).
  2. Kalimantan Utara melalui Berau.
  3. Kalimantan Timur (Samarinda).
  4. Kalimantan Tengah (Palangkaraya).
  5. Sumatera Barat (Padang).
  6. Sumatera Selatan (Palembang).
  7. Dan Bangka Belitung (Pangkal Pinang).

"Vaksinasi terbukti berdampak pada menurunnya tingkat keparahan serta mempengaruhi kecepatan penurunan penularan infeksi COVID-19 di Indonesia," kata Nadia dalam keterangan tertulis yang dilansir Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Studi: Efikasi 2 Dosis Pfizer Hanya Bertahan 6 Bulan

1. Masih ada daerah dengan tingkat vaksinasi rendah

Daftar 7 Provinsi Penerima 453.960 Dosis Vaksin Pfizer Juru bicara vaksin dari Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi (Tangkapan layar YouTube Kemenkes)

Hingga saat ini, Nadia mengatakan bahwa masih ada sejumlah daerah dan target sasaran yang capaian vaksinasinya rendah. Ia mengajak pihak daerah untuk menyusun strategi sesuai dengan permasalahan atau hambatan spesifik di daerah masing-masing dalam percepatan vaksinasi.

Nadia berharap pemerintah daerah dapat lebih mendorong upaya sosialisasi dan edukasi tentang vaksin, termasuk dengan melibatkan tokoh agama dan masyarakat. Hal ini diperlukan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap bahaya COVID-19 dan pentingnya vaksinasi.

“Hingga saat ini, masih saja ada informasi-informasi tidak benar atau hoaks seputar vaksin dan vaksinasi. Masyarakat kami minta untuk menyaring seluruh informasi yang diterima dan jangan langsung percaya dan menyebarluaskannya,” ujar Nadia.

Baca Juga: Pengakuan Mengejutkan Ilmuwan Pfizer: Saya Kerja di Perusahaan Jahat

2. Total Indonesia sudah terima 1.254.240 vaksin Pfizer

Daftar 7 Provinsi Penerima 453.960 Dosis Vaksin Pfizer Ilustrasi vaksin Pfizer (Reuters/Dado Ruvic)

Hingga 3 Oktober, Indonesia sudah menerima 1.254.240 vaksin Pfizer. Rinciannya adalah 453.960 vaksin Pfizer tahap 81 dan 800.280 vaksin tahap 84 pada Oktober 2021.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong mengatakan, dengan kedatangan vaksin tahap ke-84 ini, vaksin yang tiba di tanah air mencapai 276.960.670 dosis.

"Upaya mendapatkan vaksin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dilakukan melalui berbagai cara, pembelian langsung maupun kerja sama multilateral atau bilateral. Kedatangan vaksin juga menunjukkan stok vaksin aman," ujarnya.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

3. Kejar target 70 persen vaksinasi, masyarakat diminta jangan pilih-pilih

Daftar 7 Provinsi Penerima 453.960 Dosis Vaksin Pfizer IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski Indonesia termasuk 10 besar negara dengan jumlah vaksinasi tertinggi di dunia, Usman tetap mengingatkan, program vaksinasi tidak boleh dikendorkan. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat.

"Pemerintah mengejar target pada akhir tahun 2021, 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksinasi," kata Usman.

Menurutnya, seiring upaya percepatan vaksinasi, pemerintah juga mengajak masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. "Karena vaksin bukan satu-satunya tameng untuk melindungi dari COVID-19," katanya.

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya