Comscore Tracker

Datang Demo di Istana Terlambat, Mahasiswa BEM SI Bubar Saat Magrib

Aksi berjalan damai dan lancar

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa dan buruh yang menggelar demonstrasi di Taman Aspirasi Monas atau di seberang Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (10/12), akhirnya membubarkan diri secara terpisah. Aksi ini dalam rangka memperingati Hari HAM Internasional dan Hari Anti Korupsi yang diperingati setiap 9 dan 10 Desember.

Massa buruh yang tergabung dalam Koalisi Peringatan Hari HAM (Koperham) membubarkan diri sekitar pukul 17.30 WIB, usai pembacaan doa. Sementara, massa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang datang terlambat pada pukul 16.00 WIB, membubarkan diri pukul 18.14 WIB.

BEM SI sebelumnya menyatakan akan menggelar demonstrasi hari ini mulai pukul 14.00 WIB, namun mereka datang terlambat dua jam. Mereka beralasan keterlambatan karena harus menunggu mahasiswa dari kampus lain.

BEM SI menuntut agar Presiden Joko "Jokowi" Widodo segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK).  

Sementara, dari pantauan IDN Times, demonstrasi kali ini berlangsung lancar dan damai. Tidak ada ketegangan antara demonstran dengan kepolisian. Para demonstran juga membersihkan sampah di tempat mereka demo sebelum membubarkan diri.

Baca Juga: [BREAKING] Mahasiswa dan Buruh Demo Depan Istana, Jalan Ditutup

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You