Comscore Tracker

Debat Pilpres: Sandi Janji Naikkan Dana Riset, Berapa Dana Saat Ini?

Sandiaga Uno berjanji menaikkan dana riset 1-2 persen

Jakarta, IDN Times - Dalam debat calon wakil presiden, pada Minggu (17/3), calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan meningkatkan dana riset sebesar 1 hingga 2 persen.

Sebenarnya, berapa dana riset Indonesia saat ini?

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esa Suryaningrum menyebut anggaran riset Indonesia pada 2019 sebesar Rp41,26 persen, naik dibanding 3 tahun terakhir dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Anggaran tersebut naik dibanding 2018 sebesar Rp39,87 triliun, 2017 sebesar Rp37,7 triliun, dan 2016 sebesar Rp37,67 triliun," kata Esa.

Peneliti Indef lainnya, Heri Firdaus mengutip data Bank Dunia pada 2017, di mana belanja riset dalam produk domestik bruto Indonesia adalah 0,3 persen.

"Anggaran riset kita masih sangat kecil. Untuk meningkatkan anggaran riset, perlu kerja sama dengan dunia usaha atau investor," katanya.

Debat Pilpres yang ketiga hanya mempertemukan dua kandidat, yakni cawapres dari kubu nomor urut 01 dan 02. Dalam debat ini juga akan dibahas tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Debat ketiga ini diselenggarakan di Sultan Hotel, Jakarta Pusat, mulai pada pukul 20.00 WIB.

Jangan lupa saksikan #MillennialsMemilih Debat Pilpres Ketiga di YouTube channel IDN Times malam ini.

Baca Juga: Debat Pilpres: Ini Janji Sandiaga untuk Dunia Riset dan Usaha

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya