Detik-detik Ledakan Dahsyat Beirut Saat Pemotretan Sepasang Pengantin

Pengantin wanita sempat terhempas

Jakarta, IDN Times - Ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon pada Selasa 4 Agustus 2020, menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan orang. Kota Beirut luluh lantak rata dengan tanah hingga mengakibatkan ratusan ribu rumah hancur akibat ledakan yang diduga bersumber dari bahan kimia pertanian di gudang dekat pelabuhan. 

Detik-detik saat ledakan seperti bom atom itu, sangat mengerikan. Bahkan menurut beberapa saksi, ledakan terasa hingga radius ratusan kilometer yang menyebabkan gempa berkekuatan setara magnitudo 3,3.

Seperti dialami seorang pengantin wanita yang saat terjadi ledakan tengah dalam pemotretan di Beirut. Rekaman video detik-detik saat ledakan ini menghantam Beirut, diunggah pemilik akun Twitter @SandhookAwaken1 sehari saat kejadian. 

Berikut detik-detik pengantin wanita terhempas ledakan di Beirut, saat pemotretan.

1. Berawal dari pemotretan di sudut kota

Detik-detik Ledakan Dahsyat Beirut Saat Pemotretan Sepasang PengantinDetik-detik pengantin wanita terhempas ledakan di Beirut (Twitter.com/SandhookAwaken1)

Dalam video berdurasi 19 detik itu, awalnya memperlihatkan seorang pengantin wannita berpakaian serba putih di sudut kota tengah berpose di depan kamera video yang merekamnya.

Sang juru kamera mengarahkan dari wajah pengantin wanita ke bunga yang ada di bawah gaun pengantin wanita itu. Namun tiba-tiba terjadi guncangan dan sapuan angin hebat, hingga menghempaskan bunga dan sang wanita itu.

Baca Juga: Satu WNI Alami Luka Ringan Akibat Ledakan di Beirut

2. Pengantin wanita dan pria selamat

Detik-detik Ledakan Dahsyat Beirut Saat Pemotretan Sepasang PengantinDampak ledakan di Beirut, Lebanon (ANTARA FOTO/Karim Sokhn/Instagram/Ksokhn + Thebikekitchenbeirut/via REUTERS)

Dalam video tersebut, sang pengantin wanita yang berpakaian serba putih itu terlihat berlari bersama pasangannya untuk menyelematkan diri.

Dalam video viral yang diunggah Sandhook Awakening itu juga, sang juru kamera sempat memperlihatkan gedung-gedung di sekitarnya yang terlihat retak akibat ledakan dahsyat ini.

Perekam video terlihat panik, namun terus merekam kejadian yang terjadi di sekitarnya. Ia sempat menepi ke pinggir bangunan.

3. Data korban meninggal dan luka-luka

Detik-detik Ledakan Dahsyat Beirut Saat Pemotretan Sepasang PengantinKeadaan Port of Beirut, Lebanon setelah terjadi ledakan (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Azakir)

Hingga Rabu, 5 Agustus 2020, Menteri Kesehatan Beirut Hamad Hassan mengatakan korban tewas akibat ledakan itu sudah mencapai 80 orang. Sedangkan, sebanyak 4.000 warga lainnya mengalami luka-luka.

Stasiun berita CNN melaporkan, ledakan terjadi sekitar pukul 18.07 waktu setempat, di dekat Pelabuhan Beirut dan distrik pusat. Area itu merupakan kawasan padat penduduk dan banyak terdapat lokasi yang dikunjungi turis.

Ada beberapa area di sekitar ledakan yang menjadi landmark, termasuk Masjid Mohammad Al-Amin yang merupakan masjid terbesar di Lebanon. Ada juga Istana Kepresidenan hingga kediaman resmi Presiden Lebanon.

Hingga kini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan ledakan dahsyat itu. Kendati, dilaporkan investigasi menyeluruh akan fokus pada 2.750 ton amonium nitrat, yang disebut-sebut sudah lebih dari lima tahun disimpan di gudang pelabuhan.

Baca Juga: Ledakan Besar di Beirut, Pengamat: Perketat Pemakaian Amonium Nitrat!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya