Elektabilitas Ganjar Salip Prabowo di Survei Capres CPCS 

Biasanya elektabilitas Prabowo selalu unggul

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kini menyalip Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, dalam hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS).

Selama ini, elektabilitas Prabowo selalu menempati posisi pertama dalam berbagai hasil survei.

“Ganjar berhasil menyalip Prabowo dalam bursa calon presiden 2024, sementara Puan dan Airlangga masih bergerak di papan bawah, meskipun ada publikasi yang masif lewat pemasangan baliho di berbagai daerah,” kata Direktur CPCS Tri Okta dilansir ANTARA, Rabu (20/10/2021).

Baca Juga: Survei SMRC: 68,5 Persen Responden Puas dengan Kinerja Jokowi

1. Elektabilitas Ganjar dan Prabowo beda tipis, bagaimana yang lain?

Elektabilitas Ganjar Salip Prabowo di Survei Capres CPCS Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Hasil survei CPCS itu menunjukkan tingkat elektabilitas Ganjar sebesar 17,2 persen, sementara Prabowo sebesar 16,4 persen.

Sedangkan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati urutan ketiga dengan 13,5 persen, diikuti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 8,5 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 7,5 persen.

2. Kandidat lain yang masuk bursa capres Pilpres 2024

Elektabilitas Ganjar Salip Prabowo di Survei Capres CPCS  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Tokoh-tokoh lain yang masuk dalam 10 besar, yaitu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (5,2 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (4,3 persen), Menteri Sosial RI Tri Rismaharini (4 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (2,7 persen), dan Pelaksana Tugas Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Giring Ganesha (2,1 persen).

Sementara, tingkat elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani 1,8 persen, Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD 1,5 persen, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto 1,3 persen, eks Menteri KP Susi Pudjiastuti 1,1 persen, dan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko 1 persen.

3. Peluang Ganjar maju capres masih terhambat internal PDIP

Elektabilitas Ganjar Salip Prabowo di Survei Capres CPCS IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Walau demikian, peluang Ganjar maju jadi calon presiden masih terhambat kontestasi di internal partainya, PDIP, yang sejauh ini cenderung menjagokan Puan Maharani.

Oleh karena itu, Okta mengusulkan, PDIP sebaiknya mempertimbangkan kembali calon yang akan diusung untuk maju dalam Pilpres 2024.

“Jika berkaca dari kasus Joko Widodo pada 2014, PDIP harus mempertimbangkan pemilihan tokoh yang tepat untuk bisa memastikan kemenangan pada 2024,” kata Okta.

Baca Juga: Survei 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Kondisi Politik Dinilai Memburuk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya