Gempa Guncang Bali, 3 Orang Meninggal dan 7 Luka Berat 

Warga panik dan berlari keluar rumah saat gempa mengguncang 

Jakarta, IDN Times – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengonfirmasi tiga orang meninggal dunia akibat gempa bumi dengan Magnitudo (M)4,8 yang terjadi 8 km barat laut Karangasem, Bali, pada hari ini, Sabtu pukul 03.18 WIB.

"Tim Basarnas masih melakukan evakuasi korban dari reruntuhan bangunan," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Gempa di Bali Tewaskan 3 Orang

1. Rincian korban gempa Bali

Gempa Guncang Bali, 3 Orang Meninggal dan 7 Luka Berat Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Abdul mengatakan, BPBD Karangasem menyebutkan, tiga warga meninggal dunia akibat gempat tersebut, di mana dua orang yang meninggal telah dievakuasi ke puskesmas setempat.

Sedangkan tujuh warga mengalami luka berat. "Mereka yang luka-luka telah dievakuasi ke puskesmas terdekat dan RSUD Karangasem," ujarnya.

2. Empat orang tertimbun berhasil diselamatkan SAR

Gempa Guncang Bali, 3 Orang Meninggal dan 7 Luka Berat Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Abdul juga mengonfirmasi, empat warga yang sempat tertimbun material bangunan dapat diselamatkan tim SAR, sedangkan empat lainnya berhasil melakukan evakuasi mandiri.

BPBD Kabupaten Bangli mengatakan, jalan menuju lokasi terdampak gempa tertimbun longsor. Ada tiga titik longsoran dari Bukit Abang sehingga menghambat proses evakuasi melalui akses darat. Tim SAR akan menggunakan akses danau untuk proses evakuasi.

3. Rincian dan kronologi gempa Bali

Gempa Guncang Bali, 3 Orang Meninggal dan 7 Luka Berat Dok.IDN Times/Istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa dengan Magnitudo 4,8 yang mengguncang Bali berpusat pada kedalaman 10 km. Dilihat dari kekuatan gempa yang diukur dengan skala MMI atau Modified Mercalli Intensity, wilayah Denpasar, Karangasem, Lombok Utara berada pada IV MMI, sedangkan Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Mataram III MMI.

Informasi sebelumnya yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB menyebutkan, guncangan kuat dirasakan di beberapa wilayah. Menurut keterangan BPBD Kabupaten Bangli, guncangan gempa dirasakan kuat oleh warga selama 5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi.

Guncangan juga dirasakan sedang hingga kuat selama 3 hingga 5 detik di Kabupaten Karangasem, sedangkan guncangan kuat selama 5 detik dirasakan di Kota Denpasar.

Baca Juga: [BREAKING] Potret Terkini Gempa Bali di Karangasem dan Bangli

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya