Comscore Tracker

Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 Meter

Perhatikan imbauan selengkapnya di sini!

Jakarta, IDN Times - Gunung Api Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, menyemburkan asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), peristiwa ini terjadi pada Sabtu (8/1/2022) dini hari pukul 00.00-06.00 WIB.

"Gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak," tulis PVMBG.

Baca Juga: Gunung Sinabung Erupsi Setinggi 3.500 Meter, Abu Vulkanik Sampai Medan

1. Cuaca di Gunung Sinabung cerah hingga berawan

Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 MeterGunung Sinabung Erupsi (Dok.Humas BNPB)

PVMBG juga melaporkan cuaca di Gunung Sinabung cerah hingga berawan, dengan angin lemah ke arah timur laut, timur, dan barat.

Sementara suhu udara sekitar 16,5 sampai 18 derajat celcius.

2. PVMBG imbau masyarakat tidak mendekat

Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 MeterPotret Puncak Gunung Sinabung tanggal 9 November 2019 (Google Earth)

Dengan adanya peristiwa itu, PVMBG mengimbau masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi atau di lokasi dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

"Serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara dan barat," ujar PVMBG.

Sementara, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

3. Pakai masker dan mengamankan sarana air bersih

Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 MeterIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

PVMBG juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik jika terjadi hujan abu.

"Masyarakat juga harus mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," tulis PVMBG.

Baca Juga: Wisata Edukasi Focus Farm, Belajar Bisnis Pertanian Berlatar Sinabung

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya