Hilang Saat Menyelam, Pencarian Bos Wuling Diperpanjang 3 Hari

Keluarga salah satunya gelar sayembara behadiah ratusan juta

Cilegon, IDN Times - Pencarian tiga penyelam asal Tiongkok dan Singapura disekitar perairan Pulau Sangiang, diperpanjang selama tiga hari ke depan, hingga 12 November 2019. Pencarian ketiga WNA tersebut dilakukan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Banten, TNI AL, Polairud Polda Banten hingga PMI.

"Berdasarkan izin Basarnas, bahwa operasi SAR akan kita perpanjang tiga hari ke depan sampai tanggal 12 November. Bahwa tim SAR terus semangat untuk membantu saudara kita dari negara Tiongkok dan Singapura," kata Kepala Basarnas Banten, M. Zaenal Arifin, di posko terpadu SAR yang berlokasi di Dermaga 3 Pelabuhan, Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (09/12)

1. Bos Wuling Motor Indonesia hilang bersama temannya

Hilang Saat Menyelam, Pencarian Bos Wuling Diperpanjang 3 HariDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Ketiga WNA tersebut, salah satunya bernama Qin Xue Tao yang merupakan PO Manager PT Wuling Motor Indonesia dan Tian Yu, keduanya WN Tiongkok. Satu orang lagi bernama Wan Bzng Yang warga negara Singapura.

"Ketiganya saat menyelam di perairan Pulau Sangiang pada Minggu, 03 November 2019 siang, sekitar pukul 15.09 WIB," kata Zaenal.

Baca Juga: 7 Spot Unik nan Eksotis di Pulau Sangiang Banten, Wajib Eksplor!

2. Tim SAR evakuasi 4 korban selamat

Hilang Saat Menyelam, Pencarian Bos Wuling Diperpanjang 3 HariIstimewa / Dok. Basarnas

Operasi SAR telah dilakukan sejak hari pertama kejadian, Minggu 3 November 2019, tepatnya sejak Basarnas menerima laporan kehilangan sekitar pukul 22.00 WIB. "Kemudian operasi SAR dilakukan malam hari," ujar Zaenal.

Tim SAR lalu menemui empat korban selamat bernama You Shi Jie, Xu Jun, Che Yin Xing, dan Yang Lixiang.

"Malam hari itu tidak bisa dilakukan pencarian. Kemudian Senin pagi (4 November 2019), mengevakuasi empat korban selamat dari pulau Sangiang ke dermaga di Pelabuhan merak. Hari itu juga (Senin, 4 November 2019) langsung dilakukan pencarian," terangnya.

3. Upaya dan evaluasi pencarian oleh Tim SAR

Hilang Saat Menyelam, Pencarian Bos Wuling Diperpanjang 3 HariIstimewa / Dok. Basarnas

Zaenal mengatakan pihaknya terus melakukan evaluasi dalam pencarian ini. Luas areal pencarian pertama dilakukan mencapai 44 nautical mille (NM), diperluas setiap harinya dengan luasan berbeda, bahkan mencapai pesisir di Samudera Hindia, bagian Selatan Banten atau di ujung diperairan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), total luas wilayah yang dilakukan pencarian mencapai 7.875 NM.

"Kita melakukan pencarian dari udara dengan empat helikopter, satu dari Basarnas, satu dari Polairud dan dua Helly yang di Carter oleh keluarga korban. Kita sudah lakukan yang maksimal," jelasnya

Baca Juga: WN Tiongkok Hilang di Banten, Keluarga Gelar Sayembara Rp750 Juta

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya