Jalan Tol Jasa Marga Tergenang Banjir, Cek Titik-titiknya di Sini

Hati-hati, saat ini sedang dalam penanganan

Jakarta, IDN Times - Hujan deras sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari membuat sejumlah ruas tol digenangi air.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Hingga pukul 12.20 WIB, PT Jasa Marga (Persero) Tbk tengah menindaklanjuti beberapa titik genangan air di jalan tol Jasa Marga, berikut titik-titiknya:

Baca Juga: Jalan DI Panjaitan Banjir, Petugas Terapkan Contraflow Arah Cililitan

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Jasa Marga Tergenang Banjir, Cek Titik-titiknya di SiniANTARA FOTO/Risky Andrianto

Jalan tol Jakarta-Cikampek Km 19 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan air di Lajur (L) 1, namun untuk L3 dan L4 dapat dilintasi semua kendaraan. Sementara Rest Area KM 19 arah Cikampek ditutup sementara.

Sebelumnya pada pukul 08.00 WIB, untuk tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta terdapat genangan air di Km 09B di Lajur (L) 1 sampai L2, yang masih dalam penanganan dengan pompa. Kendaraan masih bisa melintasi L3-L4.

Di Km 19B, saat ini genangan di Lajur 1 sd 2, lajur 3 dan 4 dapat dilalui semua kendaraan. Lajur 1 dan 2 masih bisa dilintasi kendaraan besar.

Beberapa gerbang tol (GT) juga sempat digenangi air. Seperti akses masuk GT Jatibening arah Jakarta tergenang, kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin/Pondok Gede.

Lalu GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, lajur kiri tergenang, lajur kanan dapat dilintasi

"GT Cibitung 7 arah Jakarta, seluruh lajur tergenang, namun lajur kanan masih dapat dilintasi," kata Heru.

2. Jalan tol Jakarta-Tangerang dan tol JORR Pondok Ranji-Serpong

Jalan Tol Jasa Marga Tergenang Banjir, Cek Titik-titiknya di SiniIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga pukul 12.00 WIB, Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1 dan L2. L3 dan L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.

Lalu Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 sampai L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

"Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di akses keluar namun 1 lajur masih dapat dilintasi oleh kendaraan besar," kata Heru.

Hingga pukul 08.00 WIB, jalan tol Jakarta-Tangerang arah Tangerang di SS Bitung, dilakukan pengalihan lalu lintas kendaraan arah Cikupa, dikeluarkan ke Km 19 Tangerang. Lalu di Km 24 A, saat ini L2 sampai L4 sudah bisa dilintasi.

3. Jalan tol Jagorawi dan tol dalam kota Jakarta

Jalan Tol Jasa Marga Tergenang Banjir, Cek Titik-titiknya di SiniIlustrasi jalan tol. (IDN Times/Sunariyah)

Untuk tol Jagorawi Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 sampai L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Sementara tol dalam kota Jakarta di KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi.

"Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas," ucap Heru.

Sebelumnya jalan tol dalam kota Jakarta arah Tanjung Priok di KM 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tanjung Priok, saat ini Lajur 2 tergenang.

Baca Juga: Tergenang Banjir, Terowongan Tol Cikunir Ditutup Sementara 

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya