Kali Item Dicoret-coret Warga, Sandiaga Ancam Beri Sanksi Tegas

Yuk kita jaga lingkungan Jakarta yang nyaman

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno kecewa mengetahui adanya coretan dan perusakan jaring di Kali Sentiong alias Kali Item. Sandi, sapaan akrabnya, mengatakan masyarakat mudah membangun sesuatu tapi sulit menjaga.

“Ini imbauan kita berulang kali, kami sampaikan kepada masyarakat bahwa kami bisa membangun, tapi sama-sama dijaganya,” kata Sandi di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (5/8).

1. Percuma dijaga jika tidak ada rasa memiliki

Kali Item Dicoret-coret Warga, Sandiaga Ancam Beri Sanksi TegasIDN Times/Vanny El Rahman

Menurut politikus Partai Gerindra ini, percuma menugaskan Satpol PP berjaga di Kali Item tapi masih terjadi vandalisme. Masyarakat harus mempunyai rasa memiliki terhadap aset-aset publik.

“Dijaganya itu Satpol PP mau ditaruh 24 jam juga petugas mau ditaruh sana, aparat kepolisian, kalau masyarakat terus tidak memiliki rasa kepemilikan terhadap aset-aset publik, itu akan terjadi seperti itu, akan menjadi seperti itu,” kata dia.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Kali Item Seperti Kubangan

2. Tangkap dan berikan sanksi

Kali Item Dicoret-coret Warga, Sandiaga Ancam Beri Sanksi TegasIDN Times/Vanny El Rahman

Tidak main-main dengan ucapannya, Sandi akan menindak tegas pelaku vandalisme Kali Item dan memberinya sanksi.

“Kita kirimkan pesan yang tegas kalau seandainya ditangkap kita akan langsung berikan sanksi sesuai dengan ketentuan, dan kita akan tegas,” ujar dia.

“Saya ingatkan, kalau mereka ditangkap, mereka akan mendapatkan sanksi yang tegas,” imbuh mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini.

3. Kalau mau coret ada forumnya sendiri

Kali Item Dicoret-coret Warga, Sandiaga Ancam Beri Sanksi TegasIDN Times/Helmi Shemi

Sandi juga berpesan kalau masyarakat ingin mencoret-coret, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memilki forum tersendiri. Seperti yang dilakukan petugas dengan mengecat sisi Kali Item menjadi berwarna.

“Kalau misalnya ingin mencoret-coret atau apa lain kan ada forumnya yang berbeda, mediumnya yang berbeda. Gunakan kesempatan itu waktu kemarin kita ngecat, kalau misalnya sudah jadi seperti itu jangan dirusak. Itu keinginan kita. Mereka kalau lagi bikin (mural) kenapa gak ikut? Lenapa merusak yang sudah dibangun?” tanya Sandi.

Yuk kita jaga lingkungan di sekitar kita, termasuk fasilitas umum ya guys. Sudah saatnya kita ubah lingkungan Jakarta menjadi lebih nyaman dan aman. Setuju gak guys?

Baca Juga: Cek Kondisi Kali Item, JK Makan Pisang dengan Anies Baswedan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya