Ketum Golkar: Kami Tidak Incar Kursi Menteri, Terserah Presiden 

Golkar fokus menyiapkan kadernya untuk menteri

Jakarta, IDN Times - Menteri Perindustrian yang juga Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartanto mengatakan, partainya tidak mengincar kursi menteri untuk masa jabatan pemerintah 2019-2024.

"Kalau Golkar melihat ini hak prerogatif presiden. Dikembalikan ke Pak Presiden," kata Airlangga dalam acara di Kota Kasablanka, Menteng Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8).

Baca Juga: Megawati Blak-blakan Minta Jatah Kursi Menteri dari PDIP Paling Banyak

1. Menteri didasarkan kebutuhan dan kompetensi pemerintah

Ketum Golkar: Kami Tidak Incar Kursi Menteri, Terserah Presiden IDN Times / Auriga Agustina

Menurut Airlangga, permasalahan menteri bukan berapa jumlah kursi yang didapat bagi partai politik, tapi bagaimana apa saja kompetensi yang dibutuhkan untuk pemerintahan. 

"Ini kita tidak minta berapa-berapa, karena ini bukan persoalan berapa, tapi sesuai kompetensi dan kebutuhan dari pemerintah," ujar dia.

2. Golkar fokus siapkan kader terbaik untuk mengisi kursi menteri

Ketum Golkar: Kami Tidak Incar Kursi Menteri, Terserah Presiden IDN Times/Tunggul Kumoro

Airlangga mengatakan sekarang ini partainya sedang fokus menyiapkan kader-kader terbaik, agar mereka siap ketika ditunjuk presiden menjadi menteri. 

"Kami menyiapkan kader di masing-masing bidang yang nanti bisa sesuai program pemerintah sampai 2024 nanti," kata dia. 

3. PDIP minta jatah kursi menteri paling banyak

Ketum Golkar: Kami Tidak Incar Kursi Menteri, Terserah Presiden ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terang-terangan meminta jatah kursi menteri terbanyak dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Permintaan itu ia sampaikan langsung kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam pembukaan Kongres V PDIP di Sanur, Bali, Kamis (8/8) lalu.

"Mesti ada menterinya dari PDIP, musti banyak, orang kita menang dua kali. Kalau cuman dikasih empat, emoh," kata Megawati, bernada gurau dan disambut tawa hadirin.

4. Jokowi menjawab langsung permintaan Megawati

Ketum Golkar: Kami Tidak Incar Kursi Menteri, Terserah Presiden IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi menjawab langsung permintaan Megawati soal jatah kursi menteri paling banyak bagi PDIP.

Meski tidak menyebut jumlahnya, Jokowi memastikan, sebagai partai pemenang Pemilu 2019 dan partai tempat dirinya bernaung, PDIP akan mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak dibandingkan partai lain yang berkoalisi dengan Jokowi.

"Mengenai menteri, tadi Ibu Mega menyampaikan jangan empat dong, tapi kalau yang lain dua, tapi yang jelas PDIP yang terbanyak, jaminannya saya," ujar Jokowi saat pidato pembukaan Kongres V PDIP.

Baca Juga: PDIP Minta Jatah Menteri Banyak, Golkar Tetap Siapkan Kader Terbaik

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya