Comscore Tracker

Komnas HAM Periksa 30 Petugas Lapas Pakem Terkait Kasus Kekerasan

Komnas HAM juga mengungkap sejumlah temuan, apa saja?

Jakarta, IDN Times - Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, M Choirul Anam, mengatakan pihaknya sudah memeriksa sekitar 30 petugas Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, Pakem, Sleman. Selain itu, Komnas HAM huga sudah memeriksa 20 orang pengadu kasus dugaan kekerasan di dalam Lapas tersebut.

"Karakter dari pengadunya, baik yang masih ada di dalam, proses yang akan keluar, maupun yang sudah keluar, ini karakter pengadu yang kami minta keterangannya, saksi korban," kata Anam dalam kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

1. Temuan Komnas HAM di Lapas Pakem

Komnas HAM Periksa 30 Petugas Lapas Pakem Terkait Kasus KekerasanIDN Times/Margith Juita Damanik

Selain memeriksa petugas dan saksi korban, Anam mengatakan Komnas HAM juga meninjau Lapas Pakem secara langsung. Komnas HAM masuk ke dalam Lapas untuk mengonfirmasi metode terjadinya dugaan penyiksaan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Apakah betul ada lapangan atau tidak, ada. Apakah betul ada tempat-tempat tertentu yang diceritakan sebagai tempat penyiksaan tersebut, ada. Apakah betul ada satu alat yang digunakan untuk melakukan penyiksaan, itu terkonfirmasi. Walaupun alatnya tidak kami lihat, tapi konfirmasi dari kesaksian memang ada," kata Anam.

Baca Juga: ORI DIY Akan Periksa Eks Kepala KPLP terkait Kekerasan di Lapas Pakem

2. Komnas HAM belum ungkap alat yang digunakan untuk penganiayaan

Komnas HAM Periksa 30 Petugas Lapas Pakem Terkait Kasus KekerasanLapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta, Pakem, Sleman. IDN Times/Tunggul Damarjati

Meski membenarkan ada alat yang digunakan pelaku untuk menyiksa WBP, Anam mengaku belum bisa mengungkap jenis dan berapa alat yang digunakan. Ia hanya mengatakan Komnas HAM memiliki bukti yang lebih detail.

"Alatnya sudah tidak ada, waktu kami ke sana kebetulan alatnya sudah tidak ada, tapi untuk yang lain kan ada. Nanti kita sebutkan di laporan akhir," ujarnya.

3. Komnas HAM merekonstruksi peristiwa Lapas Pakem

Komnas HAM Periksa 30 Petugas Lapas Pakem Terkait Kasus KekerasanLapas Narkotika Kelas II A Gunung Sindur. (IDN Times/Rubiakto)

Anam mengatakan Komnas HAM sedang memeriksa konstruksi peristiwa dugaan kekerasan, mulai dari metode, alat, waktu, dan pola. Komnas HAM juga menyandingkan pemeriksaan terhadap instrumen SOP yang ada di sana.

"Pekan depan masih ada pemeriksaan untuk mereka," katanya.

Baca Juga: Klaster Lapas Pakem, 275 Warga Binaan dan Petugas Positif COVID-19

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya