Comscore Tracker

Kuasa Hukum Rius Sebut Ada 2 Kejanggalan Laporan Sekarga Garuda

Apa yang janggal dari laporan tersebut?

Jakarta, IDN Times - Kuasa hukum YouTuber Rius Vernandes, Abraham Sridjaja, menilai adanya keanehan dalam pelaporan oleh Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) mewakili Garuda Indonesia kepada Polres Bandara Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang.

Menurut Abraham, ada dua keanehan dalam pelaporan ini.

1. Pencemaran nama baik dinilai kurang tepat

Kuasa Hukum Rius Sebut Ada 2 Kejanggalan Laporan Sekarga GarudaIDN Times/Helmi Shemi

Abraham menilai pasal pencemaran nama baik kurang tepat dilayangkan kepada kliennya karena dasar fakta. Rius kala itu mem-posting video pada pada Insta Story terkait menu makanan yang ditulis pada kertas.

“Kecuali menu yang diberikan printing, lalu sama klien kami disembunyikan lalu dia mengeluarkan menu kertas, difoto dibilang ini menu Garuda. Apa yang disajikan adalah fakta dan ada buktinya,” kata Abraham di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis (18/7).

2. Yang seharusnya melaporkan adalah pihak Garuda bukan serikat pekerja

Kuasa Hukum Rius Sebut Ada 2 Kejanggalan Laporan Sekarga GarudaIDN Times/Helmi Shemi

Abraham juga mempertanyakan kenapa Sekarga yang melaporkan ke pihak kepolisian dengan alasan mereka merasa Garuda Indonesia dirugikan.

“Mereka mengatakan korporasi mereka dirugikan. Pertanyaan saya, (Pasal) 310 dan 311 adalah delik aduan. Itu adalah yang mengalami kerugian yang harus melapor bukan pihak ketiga,” kata Abraham.

Ia menyebut seharusnya yang melapor adalah Direktur Garuda Indonesia.

“Minimal direkturnya yang harus melaporkan,” ucapnya.

Baca Juga: Kuasa Hukum: Review Rius di YouTube Bukan untuk Menjatuhkan Garuda

3. Awal mula kasus

Kuasa Hukum Rius Sebut Ada 2 Kejanggalan Laporan Sekarga GarudaInstagram.com/@rius.vernandes

Rius bersama kekasihnya, Elwiana Monica kala itu menggunakan pesawat Garuda Indonesia Business Class tujuan Sydney - Denpasar - Jakarta.

Saat di pesawat, keduanya menerima daftar menu yang dibagikan pramugari. Daftar menu itu ternyata berbentuk secarik kertas yang ditulis dengan tulisan tangan. Lantas, Rius kemudian memotret daftar menu itu dan mengunggah ke InstaStory miliknya.

Postingan Rius kemudian menjadi perbincangan publik. Beberapa netizen menilai bahwa Rius hanya ingin menjelekkan citra dari maskapai penerbangan Indonesia itu.

4. Klarifikasi awal Rius

Kuasa Hukum Rius Sebut Ada 2 Kejanggalan Laporan Sekarga Garuda(Chef dan Youtuber Rius Vernandes) www.youtube.com/@riusvernandes

Rius yang ternyata seorang YouTuber itu memberikan penjelasannya melalui akun channel YouTube-nya pada Minggu (14/7) kemarin, dengan judul 'YANG SEBENARNYA TERJADI DI BALIK MENU TULISAN TANGAN GARUDA BUSINESS CLASS'.

Dalam video yang berdurasi 21 menit itu, Rius menjelaskan awal mula dirinya melihat daftar menu berupa kertas itu.

"Gue mau meluruskan apa yang lagi ramai di media sosial tentang menu yang gue post kemarin di Instagram gue. Hari ini gue mau fokus ngomongin menunya. Gue liat penumpang lain dari jauh dibagiin kertas menu. Kelihatan banget kalau itu tulisan tangan," jelas Rius di channel YouTube-nya.

Baca Juga: Viral Daftar Menu Garuda Indonesia Ditulis Tangan, Ini Penjelasan Rius

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You