Comscore Tracker

Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Baru Jakarta

Pembangunan ditargetkan selesai pada akhir 2020

Jakarta, IDN Times - Masjid Apung Ancol akan menjadi satu ikon baru Jakarta pada akhir 2020 nanti. Masjid ini akan dibangun layaknya bahtera kapal besar karena berada di atas air dekat tepian pantai di Pantai Ria, Ancol, Jakarta.

"Saat ini kami baru ground breaking masjid Apung Ancol," kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Syahrir Syahali, di Pantai Ria, Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11).

1. Desain yang melambangkan berbagai sisi Islam

Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Baru JakartaIDN Times/ Helmi Shemi

Masjid ini nantinya akan dibangun dengan berbagai sisi yang mencerminkan agama Islam. Mulai dari enam tower yang melambangkan rukun iman, lima dinding masjid yang mencerminkan rukun Islam, tinggi tower 25 meter yang mencerminkan 25 nama Nabi dan sebagainya.

"Di atasnya ada lampu, jadi kalau landing dari arah Timur ke Barat, dari pesawat akan kelihatan enam titik berlian yang jadi ikon Jakarta dan Indonesia. Ada kubah berbentuk segi lima menunjukkan salat lima," papar Syahrir.

Baca Juga: FOTO: Begini Serunya Tahun Baruan di Pantai Ancol!

2. Terinspirasi Masjid Nabawi

Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Baru JakartaIDN Times/ Helmi Shemi

Syahrir mengatakan Masjid Apung Ancol ini terinspirasi dari Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Salah satunya dari sisi perpustakaan digital (digital library). "Dan Ancol buat masjid ini tidak hanya untuk umat Muslim tapi jg non-Muslim. Di dalam masjid akan ada digital library. Di masjid Nabawi di sebelahnya ada museum Asmaul Husna, kita harap bisa begitu," ujarnya.

3. Belum diberi nama pasti

Masjid Apung Ancol akan Jadi Ikon Baru JakartaIDN Times/ Helmi Shemi

Meski disebut Masjid Apung Ancol, Syahrir menyebut belum ada pasti untuk masjid ini. Ia menyerahkan kewenangan tersebut kepada Pemerintah provinsi DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan masih memikirkannya.

"Nanti dipikir dulu namanya. Nanti kita akan muncul dengan nama. Pada saat ini belum. Nanti kita akan beri nama yg akan memberikan pesan," kata Anies yang menghadiri acara ground breaking masjid tersebut, bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla.

Baca Juga: Cuma dari Ancol, Kamu Bisa Nikmati Penawaran Hemat dan Tepat Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You