Menanti Becak Listrik Ala Sandiaga yang akan Beroperasi di Jakarta

Penasaran? Tunggu kabarnya minggu ini ya

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tampaknya serius dengan wacana becak listrik yang disampaikan pada Minggu 28 Januari lalu. Sandi mengatakan dalam tiga hari lagi akan mempresentasikan ide becak listrik itu yang rencananya bakal beroperasi di Jakarta.

“Becak listrik, tiga hari lagi kita akan presentasikan,” kata Sandiaga di di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Jakarta, Senin (29/1).

1. Pemprov DKI Jakarta gandeng PLN

Menanti Becak Listrik Ala Sandiaga yang akan Beroperasi di JakartaAntara Foto/Zabur Karuru

Terkait ide pengadaan becak listrik di Jakarta, Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Minggu 29 Januari lalu, Sandiaga mengatakan Pemprov DKI memiliki program bersama PLN, salah satunya angkutan perumahan ramah lingkungan seperti sepeda listrik.

Nantinya penarik becak yang saat ini sedang didata akan menerima pelatihan menggowes sepeda listrik.

Baca juga: 5 Alasan Kuat Anies Harus Kembalikan Becak Beroperasi di Jakarta

2. Sudah ada perusahaan yang tertarik

Menanti Becak Listrik Ala Sandiaga yang akan Beroperasi di JakartaAntara Foto/Zabur Karuru

Sandiaga mengklaim ada beberapa perusahaan yang tertarik dengan ide becak listrik. Perusahaan-perusahaan itu tertarik dengan konsep pengurangan emisi.

Ada beberapa perusahaan besar yang ingin mulai karena ini bisa disandingkan dengan pengurangan emisi. Karena ini rupanya angkutan yang lagi ngetren di dunia, yaitu angkutan yang ramah lingkungan. Namanya sustainable mode of transport,” ujar Sandi.

3. Sudah ada desain becak listrik

Menanti Becak Listrik Ala Sandiaga yang akan Beroperasi di JakartaAntara Foto/Aloysius Jarot Nugroho

Dalam waktu satu hingga tiga hari lagi, Sandiaga akan mempresentasikan desain dari becak listrik yang sudah ada di Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Michael Rolandi.

“Tadi saya sudah kasih lihat pak Michael sih gambarnya (becak listrik), tapi belum boleh di-share. Teman-teman sabar saja. Tadi saya baru kasih lihat ke pak Gubernur. Pak Gubernur setuju. Jadi kita akan undang presentasinya, dan seandainya sudah ready, kita akan presentasikan,” kata Sandiaga.

Baca juga: Begini Pengaturan dan Konsep Becak Baru di Jakarta Usulan Warga

Topik:

Berita Terkini Lainnya