Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!

Sutopo berkali-kali me-mention Raisa di media sosial

Jakarta, IDN Times – Sudah menjadi rahasia umum kalau almarhum Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho sangat mengagumi penyanyi Raisa Adriana.

Dalam beberapa kesempatan saat bersama awak media, Pak Topo, sapaan akrabnya kerap menyinggung nama Raisa dan bahkan menyanyikan beberapa bait lagu penyanyi yang terkenal dengan lagu 'Mantan Terindah' itu.

Berikut ini adalah perjalanan ‘cinta’ Pak Topo hingga akhirnya bisa bertemu Raisa.

1. Sutopo akui dirinya fans berat Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDN Times/Margith Damanik

Pada 29 Desember 2016 Sutopo pernah men-tweet soal kalender BNPB yang tidak pernah ada tanggal merah. Namun pada tweet-nya itu ia tidak me-mention Raisa.

"Kalender BNPB tidak pernah ada warna merah. Semua warna hitam karena tidak ada istilah libur bagi bencana. Harus siap melayani masyarakat," kata Sutopo.

"Pak..suda aku cc-in ke mbak raisa :)," balas warganet.

"Hahaha....saya ngefans berat sama Raisa. "Mantan Terindah"," kata Sutopo.

2. Sutopo yang tidak mau kalah dari Presiden Jokowi soal Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada 9 Maret 2017, Pak Topo pernah mengunggah foto ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sepeda kepada Raisa.

Tidak mau ketinggalan, Pak Topo mengajak Raisa berkunjung ke kantornya.

"Bahagianya Raisa dapat sepeda dari Presiden Jokowi. Ya mbok sekali-kali Raisa mau berkunjung juga ke kantor BNPB. @jokowi @raisa6690," ujar Sutopo.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Derita Kanker Darah, Sutopo BNPB Beri Pesan Ini

3. Tantangan dan hadiah Sutopo untuk Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!instagram.com/raisa6690

Masih di tanggal yang sama, Raisa yang diberikan sepeda oleh Jokowi awalnya diminta menyebutkan 6 lagu daerah. Raisa mengaku sempat gugup dan malah disuruh Jokowi bernyanyi dan diberikan hadiah sepeda.

Dalam cuitannya, Sutopo ikut-ikutan menjanjikan akan memberikan sepeda kepada Raisa jika bisa menyebutkan jenis bencana di Indonesia.

"Ayo Raisa, coba sebutkan 10 nama ikan, eh nama jenis bencana di Indonesia. Hadiah sepeda dari BNPB. @raisa6690 @BarackObama @radityadika," tantang Sutopo.

4. Romantisnya Sutopo ‘berikan’ bunga untuk Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDN Times/Yogie Fadila

Sutopo kembali men-tweet dan berjanji akan memberikan sepeda untuk Raisa. Tidak tanggung-tanggung, kali ini ia mengunggah fotonya yang sedang naik sepeda dan membawa bunga.

"Presiden sudah memberikan sepeda buat Raisa. Kita pun juga siap memberi sepeda untuk Raisa jika mau datang ke BNPB. @jokowi @raisa6690," kata Sutopo.

5. Berharap Raisa bisa jadi 'humas' BNPB

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDNTimes/Fitang Adhitia

Sutopo pernah memberikan informasi kondisi kawah Gunung Agung pascaerupsi freatik yang diambil dari drone. Lucunya, ia juga me-mention Raisa dan Jokowi.

"Kondisi kawah Gunung Agung pascaerupsi freatik yang diambil dari drone pada 23/11/2017. Asap solfara keluar dari rekahan di kawah Gunung Agung. Tidak ada lonjakan aktivitas vulkanik. Bali aman. @jokowi @raisa6690 @RadioElshinta," ujar Sutopo.

Warganet yang heran kemudian bertanya kenapa Raisa di mention. Sutopo menjawab agar Raisa juga dapat menyebarkan informasi bencana. Wah, kayak duta BNPB nih.

"Biar Raisa ikut menyebarkan info bencana. Siapa tahu bikin lagu soal “mantan terindah di kawah gunung agung” haha," gurau Sutopo.

6. Patah hati Sutopo saat Raisa menikah

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!www.instagram.com

Raisa dan Hamish menikah pada 3 Agustus 2017. Sutopo pun sempat patah hati dan meng-unfollow Raisa. Hal itu ia ungkapkan kepada salah satu warganet di Twitter.

"Selamat pagi semua. Coba cek berat badanmu. Idealkah? Atau kegemukan atau kekurusan karena kurang gizi? Jaga kesehatan terus. Ingat "men sana in corpore sano" = di dalam tubuh yang kuat terdapat dompet yang sehat ??. Ok tweeps jaga kesehatan," kata Sutopo pada 19 November 2017.

"Kok nga diCC ke Raisa lagi, Pak? Patahati yhaaaa~," ejek seorang warganet.

"Sejak Raisa nikah sudah saya unfollow," kata Sutopo.

Sutopo menyadari kalau Raisa sudah milik Hamish. Ia mengatakan kini status Raisa sudah awas, alias tidak boleh diganggu.

"Dikira blm move on Raisa married," kata seorang warganet.

"Raisa sudah status Awas (level 4). Tidak boleh diganggu hehe," jawab Sutopo.

7. Tetap berusaha jadi penggemar terbaik saat Raisa ulang tahun

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!twitter.com/raisa6690

Raisa genap berusia 28 tahun pada 6 Juni 2018. Penyanyi yang melejit lewat lagi 'Serba Salah' ini memposting kebahagiaannya melalui akun Twitternya.

"Terima kasih untuk semuaaa ucapan, dan doanyaa! I'm officially 28 years young!" kata Raisa.

Sutopo pun mengucapkan selamat ulang tahun kepada Raisa. Ia berseloroh dirinya saat ini berusia 48 tahun dan Raisa 28 tahun. 48 dan 28 adalah angka yang bagus, sayangnya gak berjodoh.

"Wah hanya beda 20 tahun dengan saya yang umur 48. Angka bagus 48 dan 28. Cuma sayang nggak berjodoh. Anggap saja takdir. Selamat ya dik Raisa," kata Sutopo.

Baca Juga: [BREAKING] Humas BNPB Sutopo Meninggal, Begini Penjelasan Keluarganya

8. Dukungan warganet dan hastag #RaisaMeetSutopo

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!twitter.com

Pak Topo pernah mengatakan tetap berusaha untuk tetap melayani masyarakat Indonesia dengan baik.

"Meski kanker paru stadium 4B, saya tetap berusaha melayani media dan masyarakat dengan baik. Untuk rekan penyintas kanker. Jangan patah semangat. Tetap sabar, kerja dan berdoa. Hidup itu bukan panjang-pendeknya usia. Tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain.@raisa6690 " cuit Sutopo.

Sutopo pun melanjutkan dengan kalimat yang mengutip judul-judul lagu yang pernah dibawakan Raisa.

"Jika bertemu nanti saya malah bisa 'Terjebak Nostalgia.' Bisa 'Serba Salah'. Malah sampai 'Jatuh Cinta' dan akhirnya mengganggap sebagai 'Mantan Terindah' haha," tulis Sutopo sambil mention akun Raisa. 

Update Twitter yang dilakukan Sutopo ternyata di-repost atau dretweet Raisa melalui akun terverifikasinya tersebut. Mengetahui Sutopo adalah fans berat Raisa, warganet pun meramaikan tagar #RaisaMeetSutopo. Ya, tagar ini mendorong agar Raisa dan Sutopo bisa jumpa fans. Hastag #RaisameetSutopopun sempat menjadi trending.

9. Sutopo grogi jika benar bertemu Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDNTimes/Fitang Adhitia

Dalam pesan tertulis kepada wartawan, Selasa malam (2/10), Sutopo mengaku sempat tak memantau media sosial.

"Saya seharian nyiapin bahan ratas di Istana, Konpres di BNPB, lalu Konpres di Kominfo dan malam ikut bentar ILC Tv One. Saya seharian tidak sempat buka Twitter karena HP keduanya lowbat," ujar Sutopo dalam pesan tertulis, Selasa malam (2/10).

Begitu sampai rumah dan membuka media sosial, lanjut dia, ada hastag #RaisameetSutopo dan sempat trending topic. Bahkan, banyak awak media yang memberitakan curhatannya itu.

"Kaget saya! Nanti kalau saya beneran ketemu Raisa apa gak mati gaya saya. Mau ngomong apa. Diajak ngomong bencana pasti gak nyambung, hehe," tutur dia.

Baca Juga: Meninggal Dunia, 11 Potret Perjuangan Sutopo Melawan Kanker

10. Video call dan pengakuan dari Raisa

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!IDN Times / Helmi Shemi

Pak Topo akhirnya berbicara langsung dengan Raisa. Meski obrolan tersebut hanya melalui telepon, namun terlihat begitu senang.

Sutopo memulai percakapan dengan bertanya kepada pelantun lagu Nostalgia tersebut.

“Sehat Mbak?” tanya Sutopo di Gedung BNPB, Rabu (3/10/2018).

“Sehat Bapak Topo,” balas Raisa.

“Alhamdulliah pokoknya jaga kesehatan, kesehatan itu mahal,” ujar Sutopo.

Pak Topo yang awalnya menggunakan earphone kemudian melepasnya. Ia mengakui setelah menjalani kemoterapi penyakit kanker paru pendengarannya menurun. Meski demikian ia masih sempat bercanda dengan istri Hamish Daud itu.

“Aku setelah kemo kuping agak budek, apalagi setelah video call sama Raisa tambah budek aku,” ujarnya.

“Bapak di mana?" tanya Raisa.

“Di Kantor BNPB, saya kalau jam 1 konferensi pers penanganan gempa dan bencana,” kata Sutopo.

Sutopo lalu mengakhiri pembicaraan dengan Raisa dan mengucapkan terima kasih.

“Terima kasih Mbak. Ini menjadi kenangan terindah buatku,” pungkasnya.

Ditemui di Kemang Village pada Jumat malam (5/10/2018), Raisa mengaku sebelumnya tidak tahu Sutopo. Ia baru ngeh, setelah banyak warganet yang mencuit akunnya di media sosial dan menyerukan tagar #RaisaMeetSutopo.

"Ternyata si bapak orangnya sangat ngelawak ya. Aku pikirnya orangnya sangat serius, karena yang aku lihat dari netizen pada serius gitu. Terus, hari itu juga aku cari kontaknya," ujarnya.

Ketika itu, ia mencoba untuk menghubungi pria yang berulang tahun pada hari ini, ternyata Sutopo sibuk memberikan penanganan bencana. Akhirnya, Raisa baru bisa berkomunikasi kembali dengan Sutopo keesokan harinya.

“Hari ini twitterku ramai dengan #RaisaMeetSutopo, dan ngebaca semua cerita di tweet temen2, bikin aku rasanya udh kenal deket sama Pak Sutopo yang disayang banyak orang. Semangat dan terus menginspirasi ya Pak @Sutopo_PN :),” cuit Raisa pada (2/10/2018).

11. Ucapan selamat ulang tahun dari Raisa untuk Sutopo

Mengenang Kegandrungan Sutopo pada Raisa, Pantang Menyerah!Instagram.com/raisa6690

Raisa mengucapkan selamat ulang tahun ke-49 melalui akun media sosialnya pada Minggu malam (7/10/2018). Di dalam ucapannya, ia mendoakan agar Sutopo tetap menjadi sosok yang menginspirasi.

“selamat ulangtahun pak @Sutopo_PN ! semoga selalu diberikan kekuatan, tetap semangat dan terus menginspirasi ya pak :)” tulis Raisa.

Ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan Raisa pun direspons oleh Sutopo di media sosial. Walau ia yang sedang sakit, namun justru Sutopo mengingatkan agar penyanyi berusia 28 tahun itu menjaga kesehatannya.

“Terima kasih atas ucapan dan doanya Mbak @raisa6690 . Semoga kita dapat sama-sama menginspirasi anak bangsa, khususnya anak-anak muda. Tak ada kesuksesan yang datangnya tiba-tiba. Perlu kerja keras, integritas, komitmen,  belajar dan doa. Jaga kesehatan terus mbak,” balas Pak Topo.

12. Keduanya akhirnya bertemu secara langsung dan berjabat tangan

Pak Topo akhirnya dapat bertemu dengan Raisa bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-49. Pada Selasa (6/11/2018), Sutopo akhirnya bertemu dengan Raisa.

Dalam keterangan yang ditulis di akun Twitter-nya, Pak Topo mengku bahagia akhirnya ia dapat bertemu dengan Raisa yang menyanyi langsung di hadapannya.

Baca Juga: 5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya