Menikmati Sore Hari di Sarinah Tanpa Demonstrasi

Jalanan Thamrin steril dari kendaraan, pemandangan langka

Jakarta, IDN Times - Sudah tiga hari ini berbagai kawasan Jakarta, khususnya sekitar Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat dipenuhi oleh aksi demonstrasi. Aksi yang berujung kerusuhan di sana terjadi sejak siang hingga malam hari.

Aktivitas pun lumpuh. Polisi berjaga dari berbagai arah mengamankan jalannya aksi tersebut. Warga ketakutan dan berusaha menghindari ruas jalan di mana ada pergerakan massa yang berdemonstrasi.

Sejumlah toko dan tempat makan tutup. Jika pada sore-sore sebelumnya suasana di sekitar Sarinah ramai dengan warga yang pulang kerja dan mencari makanan untuk berbuka puasa, dua hari belakangan kondisinya hiruk pikuk dengan lautan massa.

Kamis (23/5), pemandangan lain lagi. Kali ini tidak ada aksi demonstrasi tapi jalan raya di sekitar Sarinah tetap ditutup dari empat arah oleh pihak kepolisian. Meski mobil dan motor tidak dapat melintas, sejumlah para pejalan kaki terlihat melintasi kawasan tersebut.

Tidak adanya aksi demonstrasi, membuat warga dengan leluasa berjalan di sekitar Sarinah. Beberapa tampak mengabadikan potret Jalan MH Thamrin yang bebas dari kendaraan. Di Yellow Box Junction Sarinah, mereka sibuk mengambil gambar dengan angle terbaik menggunakan kamera ponsel mereka.

Bau gas air mata masih terasa dan membuat mata serta hidung perih. Namun, hal tersebut tidak menghalangi warga untuk menikmati sore hari yang berbeda dari hari-hari biasanya itu.

Meski warga sudah ramai melintas dengan berjalan kaki, toko-toko di Jalan KH. Mas Mansyur dan Jalan Wahid Hasyim arah Sabang sebagian besar masih tutup. Tampak beberapa pekerja memperbaiki toko mereka yang dirusak perusuh saat aksi berlangsung.

Aksi unjuk rasa yang berujung rusuh selama dua hari telah menimbulkan kerugian bagi pertokoan di sekitar kawasan Sarinah-Thamrin. Dengan lumpuhnya aktivitas operasional, mereka pun kehilangan pendapatan yang ditaksir seluruhnya mencapai miliaran rupiah.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya