Mudik Makin Asyik dengan 588 Posko Sapta Taruna di Seluruh Indonesia

Informasi dan fasilitas mudik ada di sini

Jakarta, IDN Times – Dalam rangka mensukseskan mudik 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) gak cuma menyiapkan infrastruktur jalan, toilet mobil dan fasilitas lain.

“Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya. Kondisi jalan nasional secara umum sudah 90% dalam kondisi mantap,” kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu. 

KemenPUPR juga menyiapkan 588 Posko Sapta Taruna yang tersebar di seluruh Indonesia lho. Seperti apa sih Posko Sapta Taruna itu?

1. Ada berbagai fasilitas untuk istirahat

Mudik Makin Asyik dengan 588 Posko Sapta Taruna di Seluruh Indonesia Biro Komunikasi Publik KemenPUPR

Di posko ini disediakan fasilitas tempat istirahat, air minum, musala dan alat berat untuk antisipasi kerusakan jalan akibat bencana alam. 

2. Bisa diakses online lho 

Mudik Makin Asyik dengan 588 Posko Sapta Taruna di Seluruh Indonesia Biro Komunikasi Publik KemenPUPR

Informasi mengenai lokasi-lokasi Posko Sapta Taruna itu bisa kamu akses melalui website http://pu.go.id/mudik2018.

Gak cuma itu, ada juga layanan live streaming biar kamu tahu kondisi lalu lintas dari hasil pantauan CCTV yang dipasang dibeberapa lokasi, didukung mobil streaming monitoring system (SMS) yang terkoneksi dengan modem satelit sehingga bisa melaporkan secara real time.

3. Mau tahu info atau lapor kondisi jalan? Bisa banget 

Mudik Makin Asyik dengan 588 Posko Sapta Taruna di Seluruh Indonesia Biro Komunikasi Publik KemenPUPR

Kalau kamu mau tahu informasi kondisi jalan atau melaporkan apabila menemui jalan nasional yang mengalami kerusakan melalui nomer telepon 0812-8383-5757. 

Informasi dan pengaduan kondisi jalan juga dapat melalui “aplikasi jalan kita” yang dapat diunduh di IOS maupun Android. 

Kementerian PUPR juga melakukan pemantauan kepadatan lalu lintas melalui Sistem Informasi Dini Lalu Lintas (Sindila) yang terdiri dari sensor alat penghitung volume lalu lintas. Sensor ditempatkan di Tol Cipali, Jalan Soekarno Hatta Bandung dan Rancaekek. 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya