Muhammadiyah dan NU Sepakat 1 Ramadan Jatuh Hari Jumat 

Tinggal tunggu keputusan pemerintah aja nih

Jakarta, IDN Times - Nahdlatul Ulama resmi menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan pemantauan Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama / Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada Kamis (23/4) yang telah melakukan rukyatul-hilal bil fi'il di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan telah berhasil melihat hilal.

"Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibada puasa Ramadan 1441 H dengan penuh keimanan, keyakinan dan menjadikan bulan Ramadan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak bacaan Al-Qur'an, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan, dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat," kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj dalam keterangan tertulisnya.

1. Sama seperti Muhammadiyah

Muhammadiyah dan NU Sepakat 1 Ramadan Jatuh Hari Jumat IDN Times/Abdurrahman

Sehari sebelumnya, Muhammadiyah sudah menerbitkan maklumat tentang penetapan awal Ramadan 1441 H, yaitu pada Jumat 24 April 2020.

Untuk itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah hari ini (22/4), meluncurkan program Ramadan di Rumah untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1441 H yang berada di tengah suasana pandemi virus corona atau COVID-19.

Ketua Muhammadiyah COVID-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah Agus Syamsudin menyampaikan hari ini Muhammadiyah akan mulai kampanye #RamadhandiRumah. Untuk memulai kampanye tersebut ada empat tuntunan yang akan diberikan kepada umat muslim.

“Akan ada tuntunan untuk pribadi, keluarga, takmir masjid dan pimpinan Persyarikatan sendiri di berbagai tingkatan. Salah satu hal penting yang ingin saya garis bawahi adalah tentang kesalehan sosial,” katanya dalam konferensi pers secara daring, Rabu (22/4).

2. Optimalkan semarak Ramadan di dalam rumah

Muhammadiyah dan NU Sepakat 1 Ramadan Jatuh Hari Jumat IDN Times/Abdurrahman

Agus mengatakan, umat muslim harus mengoptimalkan semarak Ramadan di dalam rumah. Jadikan rumah sebagai tempat beribadah bersama seperti salat wajib dan membaca Alquran. Bahkan, umat muslim juga bisa melaksanakan tarawih bersama keluarga tercinta di rumah.

"Muhammadiyah mengajak untuk mengoptimalkan keluarga sebagai tempat pendidikan dan kaderisasi," ujarnya.

3. Masih menunggu pemerintah

Muhammadiyah dan NU Sepakat 1 Ramadan Jatuh Hari Jumat Dok. Kementerian Agama

Namun keputusan resmi penetapan 1 Ramadan masih menunggu keputusan pemerintah yang masih menggelar sidang isbat.

Kementerian Agama mengatakan ada petunjuk atau referensi jika hilal awal Ramadan 1441 Hijriah teramati di wilayah Indonesia pada Kamis, 23 April 2020.

“Ada referensi bahwa hilal awal Ramadan 1441 Hijriah hari Kamis tanggal 23 April 2020 dapat teramati dari wilayah Indonesia,” kata anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya dalam rangkaian pelaksanaan sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama di Gedung Kemenag, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis (23/4).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya