Comscore Tracker

Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna

Mereka dipulangkan Sabtu besok

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto memastikan, pemerintah akan memulangkan 238 warga negara Indonesia (WNI) yang menjalani observasi di Natuna, Kepulauan Riau, setelah pemulangan dari Wuhan, Tiongkok, Sabtu (2/1).

Observasi ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan mereka benar-benar terbebas dari wabah virus corona, yang sudah mematikan lebih dari 1.300 orang itu.

"Kita rapat dan diputuskan observasi diakhiri pada 15 Februari," kata Yuri di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (13/2).

1. WNI akan diperiksa kembali kesehatannya, sebelum dipulangkan ke keluarga mereka

Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di NatunaSesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Achmad Yurianto dalam konferensi pers soal virus corona atau Covid-19 di Kementerian Kesehatan (IDN Times/Shemi)

Sebanyak 238 WNI yang mayoritas mahasiswa itu akan dijemput langsung oleh Menteri Kesehatan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan beberapa pejabat lain.

Mereka akan terbang ke Natuna menggunakan tiga pesawat, yakni dua Boeing 737 dan satu Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 07.00 WIB.

Setelah pemerintah tiba di Natuna, ratusan WNI tersebut akan diperiksa lagi kesehatannya pukul 12.00 WIB, sebelum dipulangkan ke Bandara Halim dan kampung halaman mereka.

"Lalu Kita akan pasang peralatan kesehatan hari terakhir dan nanti kita akan persiapkan mereka setelah jam 12, setelah makan siang, mereka akan on-board dan diterbangkan ke Halim," jelas Yuri.

Baca Juga: Waspada! Virus Corona Ternyata Juga Ada di Kelelawar Indonesia

2. Anggota Komisi IX DPR, pemerintah daerah, dan keluarga siap menyambut kedatangan WNI di Bandara Halim

Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna(ANTARA FOTO/Katriana)

Begitu sampai di Bandara Halim Perdanakusuma, ratusan WNI itu akan disambut anggota Komisi IX DPR, pemerintah daerah, dan keluarga mereka.

"Sampai Halim DPR janji mau sambut mereka, termasuk Pemda akan sambut, orangtua. Sampai Halim silakan kalau mau diajak ke hotel dulu bagi yang tinggal di daerah atau diajak nonton," kata Yuri.

3. Masyarakat diimbau tidak perlu cemas atas kedatangan mereka

Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di NatunaWarga memakai masker pelindung menyusul penularan virus corona baru, saat perjalanan pagi mereka di stasiun, di Hong Kong, pada 10 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Yuri mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu cemas tertular virus corona dari mereka yang baru menjalani observasi virus corona di Natuna. Karena sejak awal pemulangan dari Tiongkok, mereka tidak mengalami atau menunjukkan gejala sakit, bahkan, mereka telah menjalani observasi 14 hari.

"Tidak ada yang perlu dibatasi karena mereka sehat. Mereka akan langsung pulang ke rumah masing-masing," ucap dia.

Baca Juga: Virus Corona Tak Bisa Menyebar Melalui Barang Impor, Ini Penjelasannya

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya