Ombudsman Kesal di Terminal Pertamina Tidak Ada Pimpinan yang Menemui 

Dianggap tidak siap saat ada sidak

Jakarta, IDN Times - Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala meninggalkan Terminal BBM Pertamina Plumpang, Rawabadak, Koja, Jakarta Utara, Jumat (7/6) usai tidak ada pihak dari Pertamina yang bisa memberikan keterangan saat Ombudsman melakukan sidak instansi pelayanan publik pada libur lebaran 2019. 

"Jadi, ada staf yang mengatakan bahwa pimpinannya sudah pulang. Ada yang bertugas piket, tetapi masih dicari tidak terlalu jelas siapa pihak yang bisa memberikan keterangan kepada kami," kata Adrianus. 

Baca Juga: Cegah Macet saat Arus Balik, Contraflow Disiapkan pada 8-10 Juni

1. Tim Ombudsman sempat menunggu, tapi tidak ada yang menemui

Ombudsman Kesal di Terminal Pertamina Tidak Ada Pimpinan yang Menemui IDN Times/ Helmi Shemi

Tim Ombudsman tiba Terminal BBM Pertamina Plumpang sekitar pukul 14.00 WIB. Adrianus dkk sempat menunggu sekitar 20 menit, namun tidak ada pimpinan atau penanggung jawab yang menemui Ombudsman. 

"Minimal bagi kami, mesti ada juga orang yang menjadi pimpinan di sini, orang yang didelegasikan sebagai pimpinan pada saat ini," kata Adrianus.

2. Ombudsman beranggapan pimpinan Pertamina tidak mau menemui mereka

Ombudsman Kesal di Terminal Pertamina Tidak Ada Pimpinan yang Menemui IDN Times/ Helmi Shemi

Adrianus beranggapan tidak ada pimpinan yang bersedia menemui mereka karena ketidaksiapan dalam menyampaikan data-data yang mungkin akan ditanyakan Ombudsman.

"Kesannya adalah bahwa dari pihak Pertamina, khususnya depo ini, tidak siap dalam rangka menerima suatu kunjungan mendadak dari pihak eksternal, khususnya pihak Ombudsman. Kami berpikir bahwa sebagai suatu fasilitas publik seperti ini, di mana menghadapi para mobil-mobil pengangkut BBM, kan dia udah berhubungan dengan publik kan. Maka dengan kata lain, dia juga harus siap dengan data, siap juga dengan situasi di mana dia harus memberikan pelayanan yang sama, ada pengawasnya, seyogianya memberikan suatu keterangan," jelas Adrianus.

3. Sempat ada pihak Pertamina yang menemui Ombudsman

Ombudsman Kesal di Terminal Pertamina Tidak Ada Pimpinan yang Menemui IDN Times/ Helmi Shemi

Ketika sudah akan meninggalkan lokasi, salah seorang dari Pertamina kemudian menemui Adrianus. Ia mengatakan para pimpinan sedang ada video conference. Menurut salah satu petugas Ombudsman, orang dari Pertamina tersebut ada saat mereka datang, tapi tidak menemui.

Adrianus mengatakan nantinya akan mengundang Pertamina untuk menjelaskan situasi dan sidak kali ini.

“Mungkin nanti kita akan mengundang Pertamina ya untuk mendengarkan situasinya khususnya ketika juga berhadapan dengan situasi tidak ada orang yang bertanggung jawab pada situasi seperti ini,” ujar Adrianus.

4. Ombudsman lakukan sidak pelayanan di libur lebaran

Ombudsman Kesal di Terminal Pertamina Tidak Ada Pimpinan yang Menemui IDN Times/Helmi Shemi

Hari ini, Ombudsman RI melakukan sejumlah sidak ke 7 kantor pelayanan publik. Tujuh kantor pelayanan publik itu antara lain Rumah Tahanan Kelas Satu KPK di Kuningan, Polsek Kuningan, Puskes Cempaka Putih, Rutan Pondok Bambu, Polsek Pulogadung, Terminal BBM Pertamina Plumpang, Rumah Sakit Koja, dan Damkar Tanjung Priok. 

Sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan maksimal saat libur lebaran. Tempat pertama yang disidak adalah Rumah Tahanan Kelas Satu KPK di Kuningan. 

Baca Juga: Menhub Wajibkan Kapal Serahkan Manifes Penumpang Sebelum Berlayar  

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya