Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi 

Yang berjaga di puskesmas hanya dokter kontrak

Jakarta, IDN Times - Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala mengkritik banyaknya pegawai negeri sipil (PNS) di Puskesmas Setiabudi pada saat libur Lebaran 2019. 

Dalam sidak yang dilakukan Ombudsman pada Jumat (7/6) pagi sekitar pukul 09.40 WIB hingga 10.00 WIB, Adrianus menemukan banyak dokter non-PNS yang bertugas dibandingkan dengan dokter PNS. 

"Dokter PNSnya semua cuti. Saya kira gak tepat begitu karena penanggung jawabnya ada pada dokter PNS di puskesmas," kata Adrianus di Puskesmas Setiabudi, Jakarta.

1. Harus jadi perhatian Dinas Kesehatan DKI

Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi IDN Times / Shemi

Adrianus mengkritik tidak seharusnya dokter atau petugas dengan status kontrak banyak berjaga saat libur lebaran ini.

"Maka ini menjadi perhatian terutama pada Dinas Kesehatan DKI," ujarnya.

Baca Juga: Ini Kata Menhub Soal Evaluasi Mudik Lebaran 2019

2. Dokter PNS cuti sejak Senin tapi pelayanan puskesmas tetap berjalan

Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi IDN Times /Shemi

Salah satu dokter penanggung jawab Puskesmas Setiabudi, Herjuno mengatakan puskesmas tidak libur dan tetap melayani 24 jam selama libur lebaran. Meski demikian ia membenarkan bahwa dokter PNS sudah cuti sejak Senin atau H-2 lebaran. 

"Bahkan pas hari lebaran pun kita tetap buka seperti biasa tetapi kalau untuk pelayanan biasa dia (dokter PNS) mengikuti cuti bersama. Jumat kemarin itu sudah hari terakhir pelayanan kalau untuk poli umum dan lainnya," terang Herjuno.

3. Janji puskesmas Setiabudi tetap utamakan kualitas pelayanan

Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi IDN Times / Shemi

Herjuno mengatakan, ada beberapa petugas, dokter dan paramedis yang berjaga selama libur lebaran. "Kita bisa memberdayakan untuk bidangnya untuk jaga membantu pelayanan 24 jam IGD. Cuma dengan kondisi kalau mereka tidak sedang meng-handle pasien tidak sedang sibuk," katanya. 

Ia juga menjamin pihak puskesmas akan tetap mengutamakan kualitas pelayanan di saat libur lebaran ini. 

"Karena kita harus memegang pasien tetap harus mengedukasi pasien tentang sakitnya tentang apa dan apa yang harus diminum karena gak semua orang mengerti ketika diberikan obat. Kita tetap harus berikan pelayanan berkualitas ya walaupun ramai begini kita tetap lakukan semampu kita," paparnya. 

4. Ombudsman sidak tujuh tempat

Ombudsman Kritik Banyak PNS Cuti di Puskesmas Setiabudi IDN Times/Helmi Shemi

Hari ini Ombudsman RI melakukan sejumlah sidak ke tujuh kantor pelayanan publik. Tujuh kantor pelayanan publik itu antara lain rumah tahanan kelas satu KPK di Kuningan, Polsek Kuningan, Puskes Cempaka Putih, Rutan Pondok Bambu, Polsek Pulogadung, terminal Pertaminan Plumpang, rumah sakit Koja dan Damkar Tanjung Priok. 

Sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan publik tetap berjalan maksimal saat libur lebaran. Tempat pertama yang disidak adalah rumah tahanan kelas satu KPK di Kuningan. 

Baca Juga: Sidak Ombudsman Ditolak Rutan KPK, Kenapa? 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya