Comscore Tracker

OTT Lapas Sukamiskin, Dahnil Anzar Minta Presiden Copot Menkumham

Yasonna juga harus menjelaskan praktik korupsi yang ada

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin, Bandung, Wahid Husen. Penangkapan itu dilakukan pada Sabtu (21/7) dini hari sekitar pukul 00.00 WIB. Wahid Husen diduga menerima uang suap dari narapidana kasus korupsi yang ditahan di sana.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menilai adanya korupsi di lapas Sukamiskin bukan hal yang baru. Ia mengatakan hingga saat ini belum ada tindakan hukum nyata dari pemerintah terkait korupsi di lapas Sukamiskin.

“Informasi terkait lapas Sukamiskin menjadi rumah dan kantor baru yang nyaman dan aman bagi napi koruptor asal sanggup membayar mahal bukan lah hal yang baru, hanya saja belum ada tindakan hukum yang nyata,” kata Dahnil melalui keterangan pers, Sabtu (21/7).

“Mudah-mudahan kali ini KPK bisa membongkar semua praktik fasilitasi dan suap menyuap di sana,” imbuhnya.

1. Menkumham tahu ada korupsi di Lapas dan harus bertanggung jawab

OTT Lapas Sukamiskin, Dahnil Anzar Minta Presiden Copot MenkumhamANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dahnil menyorot Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yassona Laoly harus bertanggung jawab dalam kasus ini. Ia menilai Yasonna tahu adanya praktek korupsi di lapas Sukamiskin.

“Menurut saya salah satu pihak yang paling bertanggung jawab terkait dengan hal ini adalah menteri hukum dan HAM yang saya yakin sejak lama telah mengetahui rahasia publik tersebut namun tidak pernah ada tindakan nyata,” kata Dahnil.

Baca juga: KPK Tangkap Kalapas Sukamiskin Melalui OTT

2. Minta Yasonna dicopot dan diperiksa

OTT Lapas Sukamiskin, Dahnil Anzar Minta Presiden Copot MenkumhamANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dahnil yan juga Pendiri Madrasah Antikorupsi meminta Yasonna dicopot dari jabatannya dan diperiksa sebagai bentuk tanggung jawabnya.

“Saya kira bukan cuma sekadar dicopot, yang bersangkutan perlu diminta keterangan juga karena hal ini terkait dengan tanggung jawab beliau,” ujarnya. 

3. Yang perlu dijelaskan Menkumham terkait korupsi di Lapas Sukamiskin

OTT Lapas Sukamiskin, Dahnil Anzar Minta Presiden Copot MenkumhamANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Dahnil meminta Yasonna menjelaskan apakah benar ada lobi-lobi napi kepada Menkumham atau pihak terkait lain yang memiliki pengaruh kuat dengan fasilitas penjara agar mendapat izin dan tempat lapas yang sesuai keinginan napi.

“Karena rata-rata napi koruptor yang dipenjara di sana punya pengaruh politik dan birokrasi yang kuat. Dengan begitu Pak Menkumham bisa menjelaskan kepada publik, dan membongkar pratik mafia lapas yang selama ini meresahkan dan mengangkangi hukum kita,” jelasnya.

Baca juga: Deretan Koruptor yang Mendekam di Lapas Sukamiskin

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya