Pemakaman Ciputra Dihadiri 500 Karyawan dan Rekan Bisnis

Ciputra meninggal dunia dalam perawatan di RS Singapura

Jakarta, IDN Times - Chairman dan Founder Ciputra Group Ir Ciputra akan dimakamkan di pemakaman keluarga, Desa Sukamaju Jonggol, Jawa Barat, Kamis (5/12) pagi sekitar pukul 10.00 WIB.

Informasi yang diterima dari tim humas Grup Ciputra, jenazah akan tiba sekitar pukul 10.15 WIB dan akan dilakukan serangkaian prosesi seperti menyanyikan himne, ibadah, penurunan peti jenazah, penaburan bunga dan lainnya.

Sekitar 500 orang akan hadir dalam pemakaman yang tertutup untuk umum ini.

"Ada karyawan dari Grup Ciputra, Jaya, Metropolitan, tamu undangan dan rekan bisnis," kata salah satu tim humas Grup Ciputra kepada wartawan di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Ciputra berpulang di usia 88 tahun pada hari Rabu, 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapura. Sebelumnya jenazah Ciputra telah disemayamkan di Ciputra Artprenuer ,Ciputra World I, retail podium lantai 11 Jalan Prof Dr Satrio kav 3-5 Kuningan, Jakarta.

Baca Juga: Mengintip Perjalanan Bisnis Ciputra di Tengah Badai Krismon 1997

1. Raja Properti yang mengawali kariernya di Jaya Group

Pemakaman Ciputra Dihadiri 500 Karyawan dan Rekan BisnisCiputra (empat dari kiri) semasa hidup. Instagram.com/ciputra.group

Ciputra, yang memiliki nama lahir Tjie Tjin Hoan, menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Parigi, Sulawesi Tengah. Ketika remaja ia bersekolah di SMP dan SMA Frater Don Bosco di Manado.

Setamatnya dari SMA, ia meninggalkan desanya menuju Jawa. Ia kemudian kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tingkat empat, ia bersama Budi Brasali dan Ismail Sofyan mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi. Setelah meraih gelar insinyur pada tahun 1960, Ciputra mengawali kariernya di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI.

Ciputra bekerja di Jaya Group sebagai direksi sampai berusia 65 tahun, setelah itu sebagai penasehat. Di perusahaan tersebut, Ciputra diberi kebebasan untuk berinovasi, misalnya dalam pembangunan proyek Ancol.

Kemudian bersama dengan Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group, yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai. Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris.

2. Pengusaha yang pertama kali menggelar pameran perumahan

Pemakaman Ciputra Dihadiri 500 Karyawan dan Rekan BisnisSalah satu properti milik Ciputra di kawasan timur Jakarta. Mal Ciputra Cibubur

Ciputra merupakan pengusaha properti yang pertama kali menggagas pameran perumahan di Indonesia. Pameran pertamanya diberi nama Pameran Rumah Idaman. Kala itu pameran digelar pada 14 hingga 31 Agustus 1977 di Pondok Indah Jakarta.

Hingga wafatnya Ciputra mengendalikan lima kelompok usaha properti yakni Jaya, Metropolitan, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, dan Ciputra Development.

3. Candra Ciputra bakal jadi putra mahkota

Pemakaman Ciputra Dihadiri 500 Karyawan dan Rekan BisnisAnak-anak Ciputra saat menggelar jumpa pers wafatnya sang ayah. IDN Times / Auriga Agustina

Saat menggelar jumpa pers pada 28 November 2019 lalu, paska meninggalnya sang ayah, Rina Ciputra Sastrawinata yang juga Managing Director Ciputra Group menegaskan Ciputra Group telah mempersiapkan generasi penerus untukmelanjutkan bisnis mereka.

Ketika awak media bertanya siapa yang menjadi calon putra mahkota, Rina tidak menjawab secara tegas. Namun, ia sempat menyebut nama Candra Ciputra yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Ciputra Development Tbk sejak 2002.

"CEO sekarang Candra Ciputra. Sekarang beliau masih operasional jadi masih Dirut. Komut kan nonoperasional," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Mendiang Ciputra di Mata Anies Baswedan: Membangun Jakarta

Topik:

  • Anata Siregar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya