Pencarian CVR Lion Air, Basarnas: Ada Suara Ping! Meski Agak Lemah

CVR bagian dari black box, belum ditemukan

Jakarta, IDN Times - Tim SAR gabungan yang dipimpin Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M. Syaugi memiliki harapan menganalisis sebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. Harapan itu ditunjukkan setelah adanya indikasi tanda dari bagian lain black box, Cockpit Voice Recorder (CVR). 

"Tadi pagi kita sudah dengar suara ping yang satu, biarpun agak lemah," kata Syaugi di Dermaga JICT, Jakarta Utara, Sabtu (3/1).

1. Lokasi CVR berjarak 50 meter belakang kapal pencari

Pencarian CVR Lion Air, Basarnas: Ada Suara Ping! Meski Agak LemahANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Syaugi meyakini lokasi CVR berada tidak jauh dari buritan kiri belakang kapal pencari Victory Pertamina. 

"Tidak jauh dari kapal Victory. Kita menggunakan ping detector yang ada di kapal Victory. Kita mendengar itu ada di buritan kiri belakang dari kapal. Kurang lebih jaraknya 50 meter," jelas Syaugi. 

2. Penyelam terus mencari CVR

Pencarian CVR Lion Air, Basarnas: Ada Suara Ping! Meski Agak LemahANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sampai saat ini penyelam terus mencari keberadaan CVR agar mendapatkan keterangan sebab jatuhnya pesawat Lion Air JT-610. 

"Penyelam sudah berusaha mencari di tempat itu untuk bisa mengangkat, tinggal bagian siapa yang ada di situ. Ini tim gabungan, sinergi.Doakan saja itu (CVR) bisa ketemu sehingga kita bisa lengkap black box tersebut, baik FDR dan CVR," kata Syaugi. 

Baca Juga: Begini Penampakan Roda Lion Air yang Berhasil Diangkat dari Dasar Laut

3. Data FDR yang CVR untuk ungkap sebab jatuhnya pesawat

Pencarian CVR Lion Air, Basarnas: Ada Suara Ping! Meski Agak LemahIDN Times/ Cije Khalifatullah

Flight Data Recorder (FDR) berhasil ditemukan pada Kamis (1/11). FDR yang menyimpan data penerbangan Lion Air tersebut berhasil ditemukan oleh prajurit TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh  Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

FDR merekam data-data teknis seperti ketinggian pesawat, kecepatan, putaran mesin, dan auto pilot. Data pada FDR dalam bentuk grafik yang dapat divisualkan dengan animasi.

Sementara itu CVR memiliki 4 saluran merekam suara. Merekam pengeras suara yang digunakan pramugari, percakapan di kokpit, percakapan pilot dengan ACT dan merekam seputar kokpit.

Baca Juga: Baru Temukan FDR, Tim SAR Cari Bagian Lain Black Box Lion Air

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya