Pendukung Kedua Paslon akan Dikurangi Saat Debat Capres Ketiga

KPU sedang evaluasi debat capres sebelumnya

Jakarta, IDN Times – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini sedang melakukan evaluasi usai debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang diadakan, Minggu 17 Februari lalu. Debat kedua yang menampilkan calon presiden (capres) kedua kubu memaparkan visi dan program mereka dalam tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Jelang debat ketiga yang digelar pada 17 Maret mendatang yang mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya, KPU kini sedang melakukan sejumlah persiapan.

Apa saja yang menjadi evaluasi debat kedua dan persiapan untuk debat Pilpres ketiga?

Baca Juga: Debat Ketiga Pilpres, BPN: Sandiaga Tidak Akan Menyerang Ma'ruf

1. Lakukan rapat kedua untuk evaluasi debat kedua

Pendukung Kedua Paslon akan Dikurangi Saat Debat Capres KetigaIDN Times/Afriani Susanti

KPU sudah melakukan evaluasi debat kedua pada 20 Februari lalu. Kini, KPU sedang menyiapkan rapat kedua yang akan digelar 26 Februari mendatang.

“Pertama kami evaluasi debat kedua tanggal 20 kemarin. Ada beberapa hal yang jadi catatan kita dan akan dilakukan kembali rapat kedua 26 Februari,” kata Komisioner KPU Viryan Azis dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (23/2).

 

2. Penetapan moderator dan pembahasan teknis

Pendukung Kedua Paslon akan Dikurangi Saat Debat Capres KetigaIDN Times/Istimewa

Pada rapat kedua tersebut, rencananya KPU juga akan membahas debat ketiga untuk menetapkan moderator dan hal teknis lainnya.

“Termasuk menetapkan moderator, bahas hal teknis lain dan perbaikan (dari debat sebelumnya),” ujar Viryan.

3. Pendukung capres-cawapres kedua kubu akan dikurangi

Pendukung Kedua Paslon akan Dikurangi Saat Debat Capres KetigaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Satu hal yang sudah dapat dipastikan jelang debat ketiga adalah pengurangan jumlah pendukung pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden dari kedua kubu di area lokasi debat.

“Agar para peserta pemilu bisa konsen menyampaikan visi-misi dan programnya,” ucap Viryan.

4. Debat kelima belum ditentukan waktunya

Pendukung Kedua Paslon akan Dikurangi Saat Debat Capres KetigaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Viryan juga mengatakan, hingga saat ini KPU belum menentukan jadwal debat kelima. Untuk diketahui debat ketiga akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan, Senayan dengan tema: pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Debat ini hanya akan dihadiri oleh calon wakil presiden.

Sementara debat keempat pada 30 Maret 2019 di Balai Sudirman, Tebet dengan tema: ideologi, pemerintahan, keamanan serta hubungan internasional. Pesertanya hanya calon presiden.

Terakhir adalah debat kelima di Hotel Bidakara, Pancoran dengan tema: ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri yang diikuti oleh calon presiden dan calon wakil presiden.

Baca Juga: Bawaslu Rekomendasikan Pengurangan Jumlah Pendukung saat Debat Pilpres

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya