Pengganti Sandiaga Sebagai Wagub DKI Berasal dari PKS?

Ada dua nama politisi yang mencuat gantikan Sandiaga

Jakarta, IDN Times – Setelah Sandiaga Uno memutuskan maju sebagai calon wakil Presiden, kini posisi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta masih kosong. Sejumlah nama disebut-sebut akan menggantikan Sandiaga sebagai orang nomor 2 di DKI.

Dua nama yang mencuat adalah politisi Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Muhammad Taufik dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Bagaimana perkembangannya siapa yang akan menjadi Wagub DKI Jakarta?

1. Masih dalam pembicaraan pimpinan

Pengganti Sandiaga Sebagai Wagub DKI Berasal dari PKS?ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jubir PKS Muhammad Kholid menyebut proses itu masih dalam tahap pembicaraan dengan pimpinan PKS dan Gerindra. “Itu ranahnya para pimpinan. Saya yakin PKS dan Gerindra akan memberikan kader terbaiknya sebagai gantinya Bang Sandi,” kata Kholid dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (11/8).

Baca Juga: Prabowo Nyapres Lagi, Ini Kata Titiek Soeharto

2. Kualitas yang sama dengan Sandiaga

Pengganti Sandiaga Sebagai Wagub DKI Berasal dari PKS?Sandiaga Uno cium mobil dinas Wakil Gubernur DKI (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kholid juga menyebut, calon Wagub DKI akan memiliki kualifikasi yang tidak jauh beda dengan Sandiaga. “Masa penggantinya lebih jelek, nggak kan. Paling gak minimal sama,” ucap Kholid.

3. Pengganti Sandiaga berasal dari PKS karena tidak dapat jatah di pilpres

Pengganti Sandiaga Sebagai Wagub DKI Berasal dari PKS?nasional.kompas.com

Meski tidak menyebut nama, Kholid memberi sinyal bahwa pengganti Sandiaga nantinya berasap dari PKS. Secara UU, kata dia, penentuan kursi Wagub DKI merupakan hak Gerindra dan PKS untuk mengajukan.

"Anda bisa terjemahkan sendiri. Ketika PKS sudah tidak cawapres, tentunya kesempatan lebih diberikan pada PKS, wagub,” jelasnya.

Baca Juga: Mardani Ali Sera Jadi Wagub DKI? Ini Kata Presiden PKS

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya