Pesawat JT 610 Jatuh, Begini Penjelasan Bos Lion Air

Lion Air menyebut pengoperasian pesawat selalu normal

Jakarta, IDN Times - CEO Lion Air Edward Sirait mengakui sempat ada kendala teknis dari pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang. Namun, Edward menyebutkan kendala teknis itu sudah diselesaikan. 

"Memang ada ada laporan mengenai masalah teknis dan masalah teknis ini sudah dikerjakan sesuai dengan prosedur maintenance yang dikeluarkan oleh pabrikan pesawat," kata Edward saat konferensi pers di Lion Air Operation Center, Tangerang, Banten, Senin (29/10).

Baca Juga: Kapten Pesawat Lion Air yang Jatuh Disebut Ingin Kembali ke India

1. Lion Air tidak tahu pasti kendala yang dialami pesawat JT 610

Pesawat JT 610 Jatuh, Begini Penjelasan Bos Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Edward mengatakan pihaknya tidak mengetahui pasti kendala teknis yang ada dari pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 06.20 WIB itu. 

"Saya tidak tahu persis (hasil perbaikan). Tapi saya pikir mengenai ini nanti biar lah instansi yang berwenang yang menggali, apa yang terjadi dengan itu. Tetapi saya yakin kan bawa pesawat ini dirilis terbang oleh engineer kami," jelas dia. 

"Saya tidak bisa menduga apapun dan saya hanya bisa memberi tahu data, setelah 13 menit terbang itu kehilangan kontak, hanya sampai di situ," Edward menambahkan. 

2. Lion Air menyebut proses investigasi bukan kewenangan mereka

Pesawat JT 610 Jatuh, Begini Penjelasan Bos Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Edward mengatakan terkait investigasi bukan kewenangan pihaknya. Namun pihaknya siap membantu pihak berwenang memberikan dokumen dan data yang diminta. 

"Kami akan memberikan data apapun yang memang ditugasi negara untuk itu," ujar dia. 

3. Pengoperasian pesawat selalu normal

Pesawat JT 610 Jatuh, Begini Penjelasan Bos Lion AirIDN Times/Margith Juita Damanik

Untuk perawatan pesawat, Edward menjelaskan, Lion Air selalu mengoperasikan pesawat dalam keadaan normal, termasuk jika ada kendala yang harus diperbaiki sebelumnya. 

"Kalau masalah maintanance saya yakin pesawat ada, tapi tidak secara spesifik dalam konteks ini, dan selalu kita pesawat yang kita operasikan kita perbaiki dan beroperasi normal. Bukan paginya (diperiksa), malam itu langsung dilakukan pemeriksaan, dan perbaikan sesuai petunjuk pabrik pesawat," kata Edward.

Semoga korban pesawat Lion Air JT 610 segera ditemukan, ya guys.

Baca Juga: Kumpulan Foto: Puing Pesawat Lion Air JT 610 yang Ditemukan Tim SAR

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya