Comscore Tracker

Polisi Panggil Pihak RS Ummi Bogor Terkait Rizieq Shihab Besok

Polresta Bogor sudah memeriksa saksi pelapor Satgas COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kapolresta Bogor Kombes Pol. Hendri Fiuser mengatakan sudah memeriksa beberapa saksi terkait laporan Satgas Penanganan (Satgas) COVID-19 Kota Bogor terhadap Rumah Sakit Ummi Kota Bogor. RS Ummi dianggap menghalang-halangi tugas Satgas COVID-19 dalam penanganan pandemik dalam kasus Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang dirawat di sana.

"Sudah beberapa saksi diperiksa, dari Satgas COVID-19 Bogor," katanya kepada IDN Times, Minggu (29/11/2020).

1. Polisi juga akan panggil saksi dari RS Ummi, tempat Rizieq dirawat

Polisi Panggil Pihak RS Ummi Bogor Terkait Rizieq Shihab BesokPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Hendri melanjutkan, pihak kepolisian akan terus memanggil saksi lainnya dalam perkara ini. Polisi rencananya akan memanggil saksi dari pihak RS Ummi besok, Senin 30 November 2020.

"Senin akan kita lanjutkan memanggil pihak RS Ummi Bogor," katanya.

Baca Juga: Polisi Selidiki Dugaan Rizieq Keluar dari Pintu Belakang RS Ummi Bogor

2. Awal mula polemik RS Ummi disebut menghalangi Satgas COVID-19

Polisi Panggil Pihak RS Ummi Bogor Terkait Rizieq Shihab BesokIDN Times/Kevin Handoko

Polemik bermula dari Satgas COVID-19 Bogor yang melaporkan Direktur Utama dan Manajemen Rumah Sakit Ummi Kota Bogor ke Polresta Bogor. Laporan tersebut berisi dugaan penghambatan dan menghalang-halangi tugas Satgas COVID-19 dalam penanganan pandemik.

Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor Agustiansyah mengatakan laporan tersebut diajukan ke Polresta Bogor Kota setelah janji yang disampaikan oleh Manajemen Rumah Sakit Ummi tapi tidak kunjungi dipenuhi.

"Laporan ke Polresta Bogor Kota itu bermula dari upaya melakukan swab test terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) yang sedang dirawat di Rumah Sakit UMMI Kota Bogor," ujarnya di Bogor seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (28/11/2020).

3. Pihak RS Ummi telah sepakat akan lakukan tes swab kepada Rizieq

Polisi Panggil Pihak RS Ummi Bogor Terkait Rizieq Shihab BesokRizieq Shihab menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dia menuturkan kejadian itu berawal saat Wali Kota Bogor Bima Arya mendapat laporan dari Direktur Utama Rumah Sakit UMMI bahwa ada pasien atas nama Muhammad Rizieq Shihab yang sedang dirawat. Selanjutnya, selaku Ketua Satgas COVID-19 Kota Bogor, Bima Arya kemudian menyarankan agar pihak Rumah Sakit UMMI untuk meminta HRS melakukan tes swab.

"Pihak rumah sakit menyepakati untuk melakukan tes swab terhadap HRS pada Jumat (27/11/2020) pagi," katanya lagi.

Lalu, pada Jumat siang, Tim dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor yakni dari Dinas Kesehatan datang ke Rumah Sakit UMMI untuk melakukan pendampingan pelaksanaan swab test.

"Namun, mendapat jawaban dari Manajemen Rumah Sakit UMMI yang mengatakan, HRS (Habib Rizieq Shihab) sudah menjalani tes swab pada pagi harinya," katanya.

4. Rizieq Shihab menolak untuk dites swab ulang

Polisi Panggil Pihak RS Ummi Bogor Terkait Rizieq Shihab BesokIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kemudian, pada Jumat malam, Bima Arya bersama dengan Kapolresta Bogor Kota dan Dandim 0606 Kota Bogor mendatangi Rumah Sakit UMMI untuk menanyakan lagi perihal tes swab. Menurutnya hal tersebut mengacu pada UU Kekarantinaan Kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan seseorang, agar tidak membahayakan orang lainnya.

Agustiansyah mengatakan putra Rizieq Shihab menyampaikan bahwa ayahnya telah dites swab pada Jumat pagi dan tidak bersedia untuk di tes swab ulang. "Sedangkan, Manajemen Rumah Sakit UMMI menjanjikan, hasil tes swab akan keluar pada Jumat malam pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, Satgas COVID-19 Kota Bogor menunggu hasil swab sampai pukul 24.00 WIB tetapi tidak ada hasil. "Karena itu, Satgas COVID-19 Kota Bogor memutuskan melaporkan Direktur Utama dan Manajemen RS UMMI ke Polresta Bogor Kota," tuturnya.

Baca Juga: Dirut RS Ummi Bogor: Rizieq Shihab Memaksa Pulang, Hasil Tes Belum Ada

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya