Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi 

Jauh lebih buruk dari jam 4 dan 5 sore loh, kok bisa?

Jakarta, IDN Times - Co-Founder dan Chief Growth Officer NAFAS, Piotr Jakubowski mengungkapkan bahwa polusi udara terburuk terjadi pada pukul 4 hingga 8 pagi. Hal itu berdasarkan tren 6 juta data yang dikumpulkan perusahaan aplikasi dan jaringan pemantau kualitas udara ini setiap bulannya.

"Jadi dari tahun lalu kami monitor, khsusunya bagi orang-orang yang suka olahraga tingkat polusi udara dari jam 4 sampai jam 8 pagi dan sayangnya itu bisa jauh lebih tinggi dari jam 4 dan jam 5 sore," kata Piotr dalam acara diskusi di Clubhouse, Selasa (31/8/2021) malam.

Baca Juga: Polusi Udara Kian Memburuk, Bisnis Air Purifier Bakal Naik Daun 

1. Kenapa polusi udara terburuk terjadi pada pagi hari?

Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi Ilustrasi polusi udara (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Piotr menjelaskan bahwa polusi udara terburuk terjadi pada pagi hari salah satunya terkait meterologi di mana pada malam hari suhu udara jadi lebih dingin dan ada yang namanya planetary boundary layer sebagai atmosfer yang jadi lebih kecil.

"Jadi semua polusi yang diadakan padi malam hari jadi stuck dan dekat sekali sama bumi kita. Kalau ada kejadian kayak gitu, polusi udaranya langsung jadi tinggi," katanya memaparkan.

2. Kalau begitu, sore hari paling aman dari polusi udara?

Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi ilustrasi polusi udara di Jakarta (pond5.com)

Meski begitu, Piotr menggarisbawahi kualitas udara di suatu tempat bisa berbeda dari tempat lainnya. Aktivis Bicara Udara, Ratna Kartadjoemena menambahkan bahwa data NAFAS tersebut merupakan gambaran umum dan polusi udara bisa berubah setiap harinya.

"Karena tiap hari bisa berubah kan (polusi udara) dan itu lebih ke data yang udah terkumpul," tambahnya.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 10 Risiko Kesehatan akibat Paparan Polusi Udara

3. Kapan kita bisa tahu waktu dengan polusi udara yang rendah?

Polusi Udara Paling Buruk Terjadi pada Jam 4 hingga 8 Pagi IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Piotr mengatakan, di aplikasi NAFAS ada sebuah fitur bernama Exercise Update berdasarkan riset dari Cambridge University di mana akan memberikan kamu rekomendasi waktu untuk berolahraga terbaik dan mengarahkan mereka dalam berolaharaga.

"Polusi pada sore dibanding pagi bisa lebih rendah. Tapi the best thing to do di tempat kayak Jabodetabek itu sebelum mau beraktivitas di luar cek aplikasi aja. Di NAFAS ada satu alert system untuk teman-teman yang suka berolahraga untuk mengarahkan mereka dalam kondisi polusi udara yang ini. Rekomendasinya menurunkan waktu olahraga 90 menit, 30 menit atau tidak olahraga sama sekali," katanya.

Baca Juga: 5 Kandungan Berbahaya Polusi Udara Paling Umum, Sering Kita Hirup!

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya