Comscore Tracker

Rekening Dibobol, Ilham Bintang Sesalkan Sikap Bank yang Pasif

Menurut Ilham, bank seolah tidak mau membantu nasabahnya

Jakarta, IDN Times - Wartawan senior yang menjadi korban pembobolan ATM, Ilham Bintang menyesalkan sikap pihak bank yang dinilainya pasif dalam menangani kasus seperti yang dialaminya.

"Mereka lebih memilih melindungi dirinya sendiri," kata Ilham dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/1).

1. Jika tidak lapor ke polisi, bank bisa dianggap membantu tindak kejahatan

Rekening Dibobol, Ilham Bintang Sesalkan Sikap Bank yang PasifJurnalis senior Ilham Bintang saat melapor ke pihak berwajib. (Facebook/Ilham Bintang)

Ilham juga meyakini pihak bank tidak melapor ke polisi. Menurutnya, bank tidak melapor karena khawatir jika hal itu dilakukan akan ada publikasi yang akan berdampak pada kepercayaan nasabah.

"Mereka lupa ada aturan hukum untuk melaporkan kejahatan yang terjadi di institusinya. Kalau tidak, malah bisa dianggap ikut serta dalam kejahatan. Ini ibarat lingkaran setan," ujar Ilham.

2. Bank perlu memperhatikan keluhan nasabah mereka di media sosial

Rekening Dibobol, Ilham Bintang Sesalkan Sikap Bank yang PasifJajaran Direki Bank BNI menyampaikan kinerja 2019 (IDN Times/Auriga Agustina)

Ilham juga mengkritik pasifnya pihak bank dalam media sosial. Menurutnya, para nasabah kerap menyampaikan keluhan dan kendala mereka di media sosial seperti Facebook.

"Dari FB (Facebook)-lah saya dan kita semua bisa menyerap informasi dan keluhan masyarakat yang selama ini menjadi mangsa pelaku kejahatan berbasis internet. Kerugian-kerugian mereka uangnya yang dibobol di bank, menurut data mencapai ratusan milyar," ujar Ilham.

Baca Juga: Mengenal Modus Penipuan SIM Swap yang Baru Saja Menimpa Ilham Bintang 

3. Awal mula kasus pembobolan rekening

Rekening Dibobol, Ilham Bintang Sesalkan Sikap Bank yang PasifIlustrasi Mesin ATM (IDN Times/Sukmashakti)

Kasus ini bermula ketika kartu SIM Ilham tak bisa digunakansaat ia sedang liburan akhir tahun ke Australia. Padahal, Ilham sudah membeli paket "roaming". Saat mengecek ATM Commonwealth Bank di Melbourne pada Senin (6/1), rekeningnya ternyata dikuras habis.

Ilham kemudian melapor ke polisi di Melbourne dan langsung membuat laporan polisi ke Polda Metro Jaya. Pasal yang dilaporkan dalam laporan Ilham yakni Pasal 363 terkait pencurian dengan pemberatan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan pihaknya pada Kamis (23/1) kemarin sudah memeriksa Ilham terkait laporannya. Polisi juga akan memeriksa staf ahli dari bank BNI dan pihak dari Satelindo (Indosat).

Dilansir dari Antara, nomor kartu atau SIM Card ponsel Ilham dicuri. Buntut pencurian tersebut, uang ratusan juta rupiah di dalam rekening bank miliknya pun dibobol sang pelaku.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rekening Ilham Bintang Dijebol, Polisi Periksa Staf Ahli Bank BNI

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya