Sandiaga Target Kepuasaan Jemaah Haji 95 Persen

Sudah banyak jemaah haji yang menunggu hingga belasan tahun

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan sambutan pada acara Seleksi Calon Petugas Haji Daerah Tahun 1439 H/ 2018 M.

Tahun ini ada 140 orang calon petugas haji yang akan diseleksi. Dari jumlah tersebut akan dipilih 61 orang untuk bergabung dengan petugas haji dari Kementerian Agama. Sandiaga menargetkan kepuasan jemaah haji 95 persen. Sementara ada 7.891 orang jemaah haji yang berasal dari Jakarta.

“Kita punya target besar untuk meningkatkan kepuasan jemaah haji DKI ke angka 95 persen berdasarkan survei kepuasan,” kata Sandiaga di Kantor Dinas Teknis, di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa (13/3).

1. Berikan layanan terbaik untuk yang sudah lama menunggu

Sandiaga Target Kepuasaan Jemaah Haji 95 PersenIDN Times/Helmi Shemi

Ia menyebut jemaah haji di Jakarta Timur, sebagai contoh, telah menunggu hingga 19 tahun. Untuk itu Sandiaga berharap petugas jemaah haji dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Bahkan waiting list-nya sudah 19 tahun di Jakarta Timur. Kita harus pastikan bahwa setelah mereka lama menunggu, mereka terlayani dengan baik,” ucapnya.

Baca juga: Sedang Haji atau Umrah? Cicipi 7 Street Food Khas Arab Saudi Ini!

2. Tip dan pesan Sandiaga untuk petugas calon haji

Sandiaga Target Kepuasaan Jemaah Haji 95 PersenIDN Times/Helmi Shemi

Politikus Gerindra ini berpesan agar calon petugas haji bekerja ikhlas, sabar, dan cerdas dalam melayani.

“Jaga kesehatan. Yakin dan bersyukur. Karena tidak semua orang punya kesempatan berangkat ke Baitullah menunaikan ibadah haji. Dan ini harusnya dilaksanakan dengan baik kesempatannya. Mereka mendapatkan pahalanya dua. Satu berhaji. Nomor dua mereka melayani tamu Allah,” pesan Sandiaga.

3. Sanjungan dari komisioner pengawas haji Indonesia

Sandiaga Target Kepuasaan Jemaah Haji 95 PersenIDN Times/Helmi Shemi

Salah seorang Komisioner Komisi Pengawas Haji Indonesia Syamsul Maarif memuji langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam seleksi calon petugas jemaah haji. Ia menilai apa yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jakarta dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

“Saya melihat bahwa Provinsi DKI Jakarta ini bisa menjadi percontohan bagi provinsi yang lain karena memang secara terbuka melakukan proses seleksi secara baik. Melibatkan dari berbagai unsur terutama masyarakat,” puji Syamsul.

Baca juga: Berusia Seabad Lebih, Nenek Ini Jadi Jamaah Haji Tertua

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya