Comscore Tracker

Saudi Setop Jemaah Umrah, Pemerintah Akan Bahas Konpensasi Insentif

Ada 100 penerbangan umrah tiap pekan

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan memprioritaskan keselamatan jemaah umrah, setelah pemerintah Arab Saudi menutup sementara ibadah umrah. Pemerintah Indonesia menghormati keputusan Arab Saudi, demi keselamatan jemaah dengan skala lebih besar.

"Jadi memang pertama kali yang jadi concern kita adalah safety, supaya jangan sampai jemaah kita tertular. Atau sebaliknya, di Arab Saudi itu tidak menjadi suatu tempat yang terkonsentrasi terjadinya corona," kata Budi di Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2).

Eks Dirut Angkasa Pura II ini mengatakan, pemerintah baru akan membahas masalah insentif bagi maskapai penerbangan terdampak pelarangan ini. Karena jumlah penerbangan jemaah umrah 100 kali dalam sepekan atau sekitar 13 penerbangan dalam sehari.

"Makanya butir terakhir (hasil rapat) tadi menyatakan bahwa kita akan merapatkan lagi tentang konpensasi insentif jalan keluar. Baru akan kita rapatkan setelah besok," ujar Budi.

Terkait pengembalian tiket 100 persen kepada jemaah umrah yang gagal berangkat, Budi mengaku belum mengetahui. "Belum tahu," ucap Budi Karya.

Baca Juga: Arab Saudi Setop Umrah, Travel: Setiap Hari Ada 4,200 Jemaah Indonesia

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya