Comscore Tracker

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Terpilih Jadi Sekda DKI

Marullah syarat pengalaman di pemerintahan DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo setuju Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Mataliti, menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Kabar itu disampaikan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

"Iya SK sudah dikirim ke Pemda DKI," kata Heru saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (14/1/2021).

Baca Juga: DKI Lelang Jabatan Sekda Pengganti Saefullah dan 2 Deputi Gubernur

1. Disebutkan Marullah dilantik Jumat 15 Januari 2021

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Terpilih Jadi Sekda DKIGubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan (Instagram.com/kominfotik_ju)

Heru melanjutkan, Marullah kabarnya akan dilantik pada Jumat (15/1/2021). Namun kewenangan melantik ada pada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

"Kewenangan melantik ada di gubernur dan kapannya saya belum tahu tapi dengar-dengar besok Jumat," ucapnya.

2. Syarat pengalaman di pemerintahan DKI Jakarta dan pernah terima penghargaan dari Presiden pada 2012

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Terpilih Jadi Sekda DKIWali kota Jakarta Selatan Marullah Matali saat ditemui awak media. ANTARA/Laily Rahmawaty/am.

Hingga 11 Desember lalu, Marullah termasuk tiga nama terbaik yang lolos tahap seleksi untuk menjadi Sekda DKI. Selain Marullah, dua nama lainnya yakni Asisten Sekda Bidang Ekonomi Sri Suharti dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

Marullah sudah malang melintang di DKI Jakarta. Ia pernah menjabat Staf Biro Bina Mental Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Kepala Seksi Bina Lembaga Mental Dinas Bintal dan Kesos Provinsi DKI Jakarta, Kepala Sekretariat Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Provinsi DKI Jakarta, Asisten Deputi Gubemur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pariwisata, dan juga Asisten Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengendalian Kependudukan.

Ia bahkan pernah menyabet penghargaan karena telah bekerja selama 15 tahun dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada 2011. Ia juga pernah menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya KL. 1 dari Presiden RI pada 2012.

3. Pengganti almarhum Saefullah

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Terpilih Jadi Sekda DKIPotret kebersamaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah (Instagram.com/aniesbaswedan)

Posisi Sekda DKI Jakarta definitif kosong setelah Saefullah meninggal dunia karena COVID-19 pada 16 September 2020.

Untuk mengisi kekosongan sementara, Gubernur Anies Baswedan melantik Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Sri Haryati untuk menjadi pejabat Sekda, dan kini telah mengangkat Marullah sebagai pengganti almarhum Saefullah.

Baca Juga: DKI Lelang Jabatan Sekda Pengganti Saefullah dan 2 Deputi Gubernur

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya