Waspada Macet Long Weekend, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol Japek

Apakah kamu termasuk yang liburan long weekend?

Jakarta, IDN Times - Untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) arah Cikampek, Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari Km 47sampai dengan Km 53 arah Cikampek sejak pukul 09.00 WIB. Selain itu Jasa Marga juga melakukan buka tutup situasional pada TI Km 50 dan Km 57.

Dengan diberlakukannya contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Km 48 akibat titik pertemuan lalu lintas dari Jakarta-Cikampek Elevated dan Tol Jakarta-Cikampek.

1. Antrean dari GT Cikampek Utama

Waspada Macet Long Weekend, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol JapekIstimewa/Dokumen Jasa Marga

Jasa Marga memantau antrean kendaraan jelang Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Cikampek cenderung ramai lancar, saat ini terpantau antrean 4-5 kendaraan dengan kapasitas gardu tol beroperasi maksimal.

"Pemberlakuan contraflow merupakan diskresi kepolisian. Untuk mendukung kelancaran contraflow , Jasa Marga menyiagakan petugas dan penyiapan rambu-rambu," kata General Manager Representative Office 1Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/8/2020).

Baca Juga: 21 Agustus Cuti Bersama Libur Tahun Baru Islam, Long Weekend Lagi Nih!

2. Cek rest area sekitar kamu

Waspada Macet Long Weekend, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol JapekANTARANEWS/Ali Khumaini

Bagi pengguna jalan yang ingin menggunakan fasilitas rest area, dapat mengunjungi rest area KM 19A, KM 33A, KM 39A, dan KM 57A arah Cikampek. Adapun pengguna jalan yang ingin mengisi bahan bakar dapat mengunjungi rest area KM 19A, KM 39A dan KM 57A yang memiliki fasilitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga melakukan sosialisasi penutupan rest area melalui Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

3. Sudah pastikan kamu dan kendaraan kamu dalam kondisi prima?

Waspada Macet Long Weekend, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol JapekFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," ujar Widiyatmiko.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080.

Baca Juga: Long Weekend HUT RI, 361.000 Lebih Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya