15 Kasus Virus Corona Baru di Korea Selatan, Total Ada 46

Akses masuk WNA dari Tiongkok ke Seoul diblokir

Jakarta, IDN Times - Korea Selatan melaporkan 15 kasus baru virus corona. Jumlah kasus wabah virus yang belakangan bernama Covid-19 di negeri gingseng, saat ini menjadi 46 kasus.

Bertambahnya jumlah kasus virus corona tersebut dilaporkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KCDC), Rabu (19/2). Dinyatakan, 13 orang di antaranya berada di Daegu, dan provinsi tetangga Gyeongsang Utara.

1. Wanita berusia 61 tahun menjadi salah satu warga Korea Selatan yang terjangkit virus corona

15 Kasus Virus Corona Baru di Korea Selatan, Total Ada 46Warga menggunakan masker dan kacamata pelindung saat berjalan di jalan sempit dekat trotoar Qianmen, akibat mewabahnya virus corona di negara tersebut, di Beijing, Tiongkok, pada 18 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang)

Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok ini memang dapat menyebar dengan mudah antar manusia. Selain itu, virus mematikan ini juga dapat menyerang siapa pun, baik balita maupun lansia.

Dilansir Staitstimes, virus corona telah menjangkiti seorang wanita asal Korea Selatan yang berusia 61 tahun.

Wanita itu dikabarkan terkena demam sejak 10 Februari lalu, namun ia menolak menjalani tes virus corona, dengan alasan ia baru saja datang dari luar negeri.

2. Presiden Korea Selatan menyerukan upaya pengendalian virus corona dengan ketat

15 Kasus Virus Corona Baru di Korea Selatan, Total Ada 46Anggota keamanan memakai masker di pos pemeriksaan di Jembatan Sungai Yangtze Jiujiang saat negeri tersebut sedang terjadi penularan virus corona baru di Jiujang, provinsi Jiangxi, Tiongkok, pada 4 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Virus corona telah menewaskan hingga lebih dari 2.000 orang di Tiongkok dan beberapa negara lain.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyerukan langkah-langkah pengendalian infeksi virus corona dengan ketat, dan mengupayakan meningkatkan ekonomi dalam status darurat akibat penyebaran wabah virus corona.

3. Seoul memblokir akses masuk warga asal Tiongkok

15 Kasus Virus Corona Baru di Korea Selatan, Total Ada 46Seorang perempuan memakai masker pelindung berlari menyebrang jalan di Shibuya di Tokyo, Jepang, pada 17 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Untuk mencegah penyebaran virus corona di Korea Selatan, Seoul telah memblokir akses masuknya orang asing yang datang dari Hubei, Tiongkok, yang merupakan pusat penyebaran virus yang diduga berasal dari kelelawar itu.

Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menangguhkan masuknya visa bebas ke pulau Jeju, yang sebelumnya populer di kalangan wisatawan Tiongkok. Namun, larangan umum atas kedatangan wisatawan dari Tiongkok belum diberlakukan.

Baca Juga: [UPDATE] Virus Corona Sudah Renggut 2.008 Nyawa Per Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya