Comscore Tracker

Galang Dana Perbaiki Tanggul Kali Cipinang, Warga: Pemerintah Lelet

Dana iuran mencapai Rp20 juta

Jakarta, IDN Times - Sejumlah warga yang tinggal di RW 11 Kramat Jati, Jakarta Timur, berinisiatif menggalang dana untuk memperbaiki tanggul Kali Cipinang yang jebol diterjang banjir yang melanda daerah tersebut pada Rabu (1/1).

"Dana sumbangan yang terkumpul untuk perbaikan tanggul kisarannya mencapai Rp20 juta," kata Ketua RW 11 Kramat Jati, Hadiyar, seperti dikutip dari Antara, Senin (28/10).

Hadiyar mengatakan ada 2.200 kepala keluarga (KK) di wilayah RW 11 Kramat Jati yang urunan membiayai tanggul jebol. Sebab mereka takut datangnya banjir susulan.

1. PPSU ikut andil dalam perbaikan tanggul Cipinang

Galang Dana Perbaiki Tanggul Kali Cipinang, Warga: Pemerintah LeletAntara Foto/Muhammad Adimaja

Selain menggalang dana, warga juga bergotong-royong memperbaiki tanggul Kali Cipinang. Mereka dibantu sejumlah Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU). Tanggul yang diperbaiki sepanjang 30 meter dengan tinggi 60 sentimeter.

2. Warga tak sabar menunggu campur tangan pemerintah

Galang Dana Perbaiki Tanggul Kali Cipinang, Warga: Pemerintah LeletIDN Times/Aji

Hadiyar mengatakan warga terpaksa menggalang dana dan memperbaiki sendiri tanggul yang jebol lantaran tak sabar menunggu pemerintah. Sebab musim hujan masih berlangsung dan banjir bisa sewaktu-waktu datang. Karena itu tanggul perlu secepatnya diperbaiki.

"Semua ini swadaya masyarakat, kalau menunggu dari pemerintah mengajukan prosesnya itu lama," ujar Hadiyar.

3. Pemerintah sudah melakukan survei, tapi belum bertindak apa-apa

Galang Dana Perbaiki Tanggul Kali Cipinang, Warga: Pemerintah LeletIDN Times/Azzis Zulkhairil

Hadiyar mengatakan warga telah melaporkan jebolnya tanggul Kali Cipinang ke otoritas terkait di Pemprov DKI Jakarta. Pemerintah pun telah melakukan survei ke lokasi tanggul.

"Sebelumnya survei telah dilakukan seminggu yang lalu, tetapi warga sekitar takut kalau nanti ada banjir susulan, akhirnya seluruh pengurus RT sepakat untuk mengerjakan perbaikan tanggul ini secara swadaya sambil menunggu perbaikan permanen dari pihak pemerintah," kata Hadiyar.

Baca Juga: Bebas dari Cipinang, Dhani Agendakan Bertemu Prabowo

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya