Comscore Tracker

Jakarta Banjir, Warganet Sindir Janji Anies Berikan Kolam untuk Warga

Waduh pak gub @aniesbaswedan jadi trending topic lagi nih!

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjadi sorotan warganet di Twitter pada Minggu (23/2) pagi. Tagar Anies menjadi trending topic di tengah-tengah musibah banjir yang melanda sebagian besar wilayah Jakarta.

Sejumlah warganet melontarkan kekecewaannya kepada Anies dengan sindiran-sindiran yang menggelitik. Twitter pagi ini diisi dengan trending #Anies dan juga #Banjir.

1. Ucapan terima kasih dari netizen karena Anies hadiahkan kolam

Jakarta Banjir, Warganet Sindir Janji Anies Berikan Kolam untuk WargaTwitter/@SitoMulyaID

Salah satu cuitan warga Twitter menyindir Anies dengan mengucapkan rasa terima kasih, karena Gubernur DKI telah menepati janjinya dengan menghadirkan sebuah kolam renang raksasa. 

"Tadi sudah ucapkan terima kasih yang tidak terhingga untuk Mr. Anies Baswedan atas janjinya menghadirkan kolam renang raksasa untuk semua warga Jakarta," tulis akun @SitoMulyaID.

Warganet menyindir janji kampanye Anies pada Pilgub DKI 2017 lalu. Janji kampanye tersebut diucapkan Anies saat menjelaskan program "One Kecamatan, One Center for Enterprenuership" (OK OCE) yang diusungnya bersama Sandiaga Uno saat itu di Pademangan, Jakarta Utara, Senin (23/1/2017).

"Jadi kami bukan sekadar memberi ikan atau kail, tetapi akan kami buat kolam ikannya," ujar Anies saat itu.

Baca Juga: Jabodetabek akan Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga Besok

2. Warganet minta Anies tepati janji atasi banjir

Jakarta Banjir, Warganet Sindir Janji Anies Berikan Kolam untuk WargaTwitter.com/@hardy_imandar

Selain sindiran, ada pula warganet yang meminta Anies Baswedan untuk menepati janjinya dalam mengatasi persoalan banjir Jakarta.

Hal itu terlihat dari cuitan akun @hardy_imandar. "Pak Anies yng terhormat buktikan ucapan Anda bisa mengatasi banjir di Jakarta #jakartaHattrickBanjir."

3. Anies panen pahala karena banjir

Jakarta Banjir, Warganet Sindir Janji Anies Berikan Kolam untuk Wargatwitter/ Anies baswedan

Tak hanya ucapan terima kasih, salah satu warganet juga menyebut bahwa Anies panen pahala karena mendapat banyak sindiran dan cercaan dari warganet.

"Hari ini Pak @aniesbaswedan panen pahala banyak banget dari banjir.. semangat pak Anies barakallah.." cuit akun @Putrarzk.

4. Ada 24 kecamatan di DKI yang terendam banjir sejak semalam

Jakarta Banjir, Warganet Sindir Janji Anies Berikan Kolam untuk Warga(Banjir setinggi 60 cm di Utan Kayu, Jakarta Timur) Twitter.@TMCPoldaMetro

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta merilis data terdapat 55 RW dari 36 kelurahan dan 24 kecamatan di ibu kota terendam banjir akibat curah hujan tinggi sejak semalam.

Jumlah tersebut merupakan data yang didapat BPBD per pukul 06.00 WIB, Minggu (23/2).

Dalam data yang dirilis BPBD disebutkan bahwa ada 50 orang yang terpaksa mengungsi akibat banjir. Sebanyak 14 RW tergenang dengan ketinggian air berkisar dari 20 hingga 90 cm.

Bahkan, berdasarkan cuitan yang diunggah TMC Polda Metro Jaya pada pukul 04.29 WIB di kawasan Sarinah, Thamrin, dan Cempaka Putih sempat tergenang banjir.

Jakarta Timur menjadi wilayah terdampak banjir paling parah ketimbang empat daerah lain. Per pukul 06.00 WIB, BMKG mencatat ada 28 RW di tujuh kecamatan dan 15 kelurahan tergenang banjir dan menyebabkan 12 orang mengungsi.

Ketinggian banjir di Jakarta Timur berkisar antara lima cm hingga 100 cm. Saat petugas gabungan dari pemadam kebakaran, Satpol PP, Polisi, dan Relawan tengah mengevakuasi warga terdampak banjir.

Berdasarkan tweet TMC Polda Metro Jaya, beberapa daerah yang sempat tergenang banjir antara lain Matraman, Cawang, Pulo Gebang, dan Tebet.

Baca Juga: Jakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir

Topic:

  • Ileny Rizky Dwiantari
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya